10 Jenis dan Fungsi Filter Kamera dalam Fotografi Landscape

10 Jenis dan Fungsi Filter Kamera dalam Fotografi Landscape

Dengan membaca artikel ini, Anda akan memahami jenis filter kamera untuk pemotretan pemandangan yang biasa digunakan oleh juru potret.

Filter kamera sering digunakan dan harus dimiliki oleh mereka fotografer lanskap karena sebagian besar efek dan manfaat filter tersebut tidak bisa didapatkan dengan aplikasi perangkat lunak pengeditan bahkan yang paling canggih.

Secara garis besar, filter kamera berfungsi untuk:

  • Membantu meminimalkan efek suar dan silau.
  • Tingkatkan kontras dan warna pada foto.
  • Mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke lensa.
  • Koreksi warna dan keseimbangan warna di dalam foto.
  • Dan banyak lagi.

Setiap jenis filter memiliki kegunaannya masing-masing yang semuanya bertujuan untuk menambah keindahan pada foto khususnya foto landscape / pemandangan.

Jika Anda masih baru mengenal fotografi pemandanganArtikel ini cocok untuk Anda yang memahami tentang berbagai jenis filter yang ada di dunia fotografi.

Jenis Filter Kamera

1. Filter UV

Filter UV (Ultraungu) merupakan filter yang berfungsi untuk mengurangi masuknya cahaya ultraungu ke sensor kamera.

Filter UV
Filter UV

Di era fotografi kuno, film sangat peka terhadap cahaya ultraungu karena bisa menyebabkan foto menjadi buram atau tampak rona kebiruan.

Saat ini, kualitas lapisan lensanya sudah semakin bagus, jadi UV filter tidak terlalu perlu digunakan lagi meski masih banyak fotografer yang masih menggunakannya untuk melindungi optik lensa dari benturan atau goresan.

Secara pribadi saya tidak menganjurkan menggunakan UV filter karena dapat mengurangi kontras dan ketajaman foto, kecuali jika menggunakan UV filter yang berkualitas baik dan mahal.

2. Filter Neutral Density (ND)

Filter Neutral Density merupakan filter yang berfungsi untuk mereduksi intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa sehingga jumlahnya kecepatan rana semakin lambat.

Filter ND sering digunakan oleh fotografer pemandangan untuk mengambil foto kecepatan lambat saat memotret pantai, awan, sehingga pergerakan air dan awan terlihat lembut. Filter ini juga dapat digunakan untuk memotret pergerakan manusia di keramaian kota.

Filter ND dapat dibagi menurut tingkat konsentrasinya:

Sebuah. Standar ND

ND Standard memiliki tingkat konsentrasi yang rendah, antara 0,3 – 0,9 Neutral Density.

Tingkat Kepadatan Netral
Kepadatan Netral Efek
0.3 ND Kurangi eksposur 1 stop
0,45 ND Kurangi eksposur sebanyak 1,5 stop
0,6 ND Kurangi eksposur sebanyak 2 stop
0,75 ND Kurangi eksposur sebanyak 2,5 stop
0,9 ND Kurangi eksposur sebanyak 3 stop

b. Sumbat Kecil ND

ND Little Stopper adalah filter kepadatan netral dengan konsentrasi sedang dapat mengurangi eksposur hingga 6 perhentian.

Sumbat Kecil ND

Contoh foto dengan Sumbat Kecil ND :

Contoh foto ND Little Stopper
www.leefilters.com

c. Stopper Besar ND

ND Big Stopper adalah filter kepadatan netral dengan konsentrasi tingkat tinggi, dapat mengurangi eksposur hingga 10 perhentian.

Stopper Besar Kepadatan Netral
Stopper Besar ND

d. Penghenti Super ND

ND Big Stopper adalah filter kepadatan netral dengan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi, dapat mengurangi eksposur hingga 15 perhentian.

Penghenti Super ND

Contoh foto dengan ND Super Stopper:

www.leefilters.com

Menggunakan ND Big – Biasanya akan menyebabkan Super Stopper pemeran warna di dalam foto. Terlihat di foto kanan, ada pemeran warna warna kebiruan karena menggunakan ND Super Stopper.

e. Filter ND Variabel

Varialbe ND Filter adalah salah satu jenis filter ND yang dapat diputar untuk mendapatkan konsentrasi yang berbeda. Filter ND Variabel biasanya dalam kisaran ND 2 hingga ND 400.

Dengan filter ini, tentunya Anda tidak perlu membawa banyak filter ND dengan tingkat kepadatan yang berbeda-beda sehingga lebih praktis. Meski begitu, hasil dari filter ND variabel tidak akan sebaik menggunakan filter ND biasa.

3. Filter Graduated Neutral Density (GND)

Kameranya tidak secanggih mata manusia yang mampu melihat dengan jangkauan jangkauan dinamis yang tinggi karena gambar terus-menerus diterima dan diproses oleh otak. Hasilnya, mata manusia bisa melihat gambar yang sama terang meski ada perbedaan kecerahan yang tinggi.

Pada kamera, perbedaan kecerahan yang tinggi akan membuat beberapa foto menjadi sangat cerah dan beberapa menjadi sangat gelap.

Contoh:

Saat mendapatkan eksposur langit normal, pantai menjadi sangat gelap (di bawah eksposur). Saat mencapai bagian normal pantai, langit menjadi sangat cerah (eksposur berlebih).

Untuk itu diperlukan sebuah filter bernama Kepadatan Netral Lulus.

Filter kamera lanskap Graduated Neutral Density
Kepadatan Netral Lulus

Filter GND bekerja dengan mengurangi intensitas cahaya di bagian atas, sedangkan bagian bawah menjaga agar cahaya tetap keluar sebagaimana mestinya sehingga pencahayaan foto yang dihasilkan seimbang.

Pada foto kiri bawah, pantai terlihat biasa saja tetapi langit sangat cerah. Oleh karena itu, diperlukan filter GND agar eksposur keseluruhan normal seperti pada contoh foto di bawah ini.

filter kamera lanskap
www.leefilters.com

Ilustrasi penggunaan GND :

Ilustrasi penggunaan GND
https://www.leefilters.com/

Sama seperti filter ND, filter GND juga memiliki konsentrasi yang berbeda:

Tingkat konsentrasi Densitas Netral lulus

Jenis Filter GND

Jika dibagi berdasarkan jenis dan fungsinya, filter GND dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Sebuah. Filter GND Soft Grad

Sesuai dengan namanya, filter GND Soft Grad memiliki transisi gelap lembut ke terang.

Filter GND Soft Grad
Filter GND Soft Grad

Filter ini digunakan untuk memotret pemandangan yang memiliki garis cakrawala yang tidak jelas, misalnya, pantai dengan pegunungan atau pepohonan Latar Belakang-nya.

b. Filter Gradasi GND

Sesuai dengan namanya, filter GND Hard Grad memiliki transisi gelap ke terang yang tebal.

filter kamera lanskap

Filter ini digunakan untuk memotret pemandangan yang memiliki garis horizon yang jelas dan jernih, seperti garis pantai tanpa latar belakang apa pun kecuali langit dan matahari.

Catatan :
Dalam aplikasinya, filter GND Soft Grad lebih banyak serba guna dari GND Hard Grad. Cocok untuk pemula dan dapat digunakan di hampir semua kondisi pemotretan.

c. Filter Terbalik GND

Seperti namanya, filter balik GND memiliki transisi gelap ke terang terbalik, yang berarti semakin gelap di tengah.

filter kamera lanskap

Filter ini cocok digunakan saat memotret matahari terbenam atau matahari terbit dengan sinar matahari yang masih sangat keras di ufuk bumi.

Bagian filter yang paling pekat (tengah) akan mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke lensa sehingga tidak ke horizon over exposure.

filter kamera lanskap

Jika matahari telah terbenam, gunakan filter GND Standard (tidak terbalik) lebih cocok.

d. Filter Warna ND Lulus

Graduated ND Color Filter sebenarnya hampir sama dengan GND biasa, namun filter ini memiliki warna yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Contoh : Lulus ND Color Sunset.

Filter ini memiliki warna kuning oranye di bagian atas yang berfungsi untuk mempertegas warna kuning keemasan saat memotret matahari terbenam.

filter kamera lanskap
Lulus ND Color Sunset

e. Filter kombinasi ND tingkat lanjut

Filter Kombinasi ND Tingkat merupakan kombinasi dari filter ND Tingkat Sarjana dan Warna ND Tingkat.

Filter ini selanjutnya dibagi menjadi 2 jenis:

  1. Untuk Filter Kombinasi; dan
  2. Dengan Filter Kombinasi.
e.1 Untuk Filter Kombinasi

Filter ini memiliki ciri khas: bagian atas berwarna hitam – seperti GND biasa – sedangkan bagian bawah memiliki warna yang dimaksudkan.

filter kamera lanskap
Ke Filter Kombinasi

Filter bagian atas berfungsi untuk mengurangi intensitas cahaya – sama seperti filter GND Standard – sedangkan bagian bawah berfungsi untuk mempertegas warna sesuai dengan tujuannya.

e.2 Dengan Filter Kombinasi

Filter ini hampir sama dengan Filter To Combination, hanya saja bagian atasnya tidak hanya hitam, tetapi juga bercampur dengan warna sesuai dengan tujuannya.

Dengan Filter Kombinasi

Filter bagian atas berfungsi untuk mengurangi intensitas cahaya sekaligus mempertegas warna, sedangkan bagian bawah hanya berfungsi untuk mempertegas warna sesuai dengan tujuannya.

Baca:  Sewa Kamera DSLR Jogja Paling Rekomended Terpercaya

5. Polariser

Filter Polariser merupakan salah satu filter wajib dan paling banyak digunakan oleh juru potret.

Jika sinar matahari mengenai permukaan non-logam seperti kaca atau air, cahayanya akan terpolarisasi dan menyebabkan silau. Pantulan ini hanya dapat dihilangkan dengan filter polariser. Dengan hilangnya pantulan, kontras dan saturasi foto akan meningkat.

Jadi, filter polariser berfungsi untuk:

  • Mengurangi pantulan atau pantulan pada permukaan benda, juga
  • Tingkatkan kontras dan saturasi foto.

Filter polariser hanya berfungsi saat sinar matahari menyinari objek dari sisi kiri atau kanan. Jika filter digunakan langsung menghadap atau menghadap matahari, tidak ada efek yang didapat.

Filter polariser dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Polariser Linear;
  2. Circular Polariser (CPL).

Sebuah. Polariser Linear

Polariser Linear idealnya digunakan untuk kamera film dengan lensa fokus manual.

Filter ini tidak dapat diputar seperti filter CPL.

b. Circular Polariser (CPL)

Circular Polariser digunakan untuk kamera digital dengan sistem fokus otomatis.

Filter CPL

Filter CPL dapat diputar menyesuaikan arah cahaya matahari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Padahal, hasil penggunaan filter polariser dapat dilihat pada warna langit biru yang sangat pekat atau dasar sungai yang jernih terlihat dari permukaan.

kiri: tanpa CPL, kanan: dengan CPL [img src : leefilter.com]
kiri: tanpa CPL, kanan: dengan CPL [img src : leefilter.com]

Lihatlah ke langit dan mercusuar pada foto di atas, Anda dapat melihat bahwa langit lebih biru dan pantulan cahaya di mercusuar menghilang sehingga hasil foto terlihat lebih baik.

6. Filter Hitam Putih

Filter Hitam Putih bukanlah filter untuk membuat foto menjadi hitam putih atau BW, tetapi untuk memperkuat kontras foto – terutama di langit dan awan – saat setelan kamera disetel ke hitam putih.

Filter Hitam Putih
Charlie Waite: Touareg dan Unta, Timbuktu

Filter Hitam Putih umumnya hanya terdiri dari 3 warna:

  1. Hijau;
  2. Kuning; dan
  3. Merah.
Filter Hitam Putih
Kuning Tua

Perlu diingat bahwa penggunaan filter ini memerlukan kehati-hatian karena dapat menggelapkan satu warna dan mencerahkan warna lainnya.

Contoh: Filter Merah Hitam dan Putih dapat menyebabkan objek merah menjadi hampir putih dan membuat langit biru menjadi hampir hitam.

Baca juga:
  • 10 Saran Komposisi Foto untuk Fotografi Lanskap
  • Jarak Hyperfocal: Cara Mendapatkan Foto yang Tajam Secara Keseluruhan

7. Filter Kabut & Kabut

Filter Kabut & Kabut adalah salah satu jenis filter untuk mendapatkan efek kabut pada foto.

Filter Kabut & Kabut
Filter Kabut & Kabut
www.leefilters.com

Filter ini cocok dikombinasikan dengan filter lain.

8. Filter Inframerah

Sesuai dengan namanya, filter infra merah digunakan untuk mendapatkan foto dengan efek seperti menggunakan kamera infra merah.

9. Filter Gerhana Matahari

Filter Gerhana Matahari
Filter Gerhana Matahari

Filter gerhana matahari digunakan saat memotret gerhana matahari.

Filter ini akan mengurangi intensitas cahaya matahari pada cincin gerhana agar foto di cincin gerhana tidak terlalu terang.

Jangan melihat langsung gerhana matahari bahkan setelah menggunakan filter ini.

10. Filter Koreksi Warna

Filter Koreksi Warna biasanya digunakan untuk mengubah warna foto, memberikan kompensasi warna foto, mengoreksi warna foto dan juga memberikan efek hangat atau sejuk pada foto.

Filter Koreksi Warna untuk kamera lanskap

Jenis filter pemanasan cocok untuk memberikan efek hangat pada foto saat tipe filter pendinginan akan memberi foto efek kebiruan yang keren.

Filter Koreksi Warna untuk kamera lanskap
https://www.leefilters.com/

Saring sesuai bahan yang dibuat

1. Bahan Kaca

Material filter kaca pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar filter ND, berbahan kaca, harganya lebih mahal dan lebih berat, mudah pecah tetapi lebih kuat terhadap goresan.

2. Bahan Resin

Bahan resin filter umumnya digunakan sebagai bahan dasar untuk Graduated ND filter, terbuat dari plastik resin, lebih murah dan harganya lebih ringan, tidak mudah pecah tetapi lebih mudah tergores.

3. Poliester

Selain kedua bahan di atas, filter kamera juga bisa dibuat dari bahan campuran poliester, polikarbonat atau gel.

bahan poliester biasanya digunakan untuk pembuatan filter tipe koreksi warna.

Sistem Filter Kamera Berdasarkan Ukuran

1. Sistem 75 MM

Sistem filter 75mm dirancang hanya untuk kamera mirrorless atau kamera saku serupa, bukan untuk DSLR.

75 MM Sistem
75 MM Sistem

Sesuai dengan namanya, ukuran filter jenis ini hanya 75mm sehingga terlalu kecil untuk ukuran lensa besar seperti lensa kamera DSLR.

2. Sistem 85 MM

Filter 85 mm sistem sudah dirancang untuk kamera DSLR tidak cocok digunakan dalam lensa lebar seperti 10-22mm, 11-16mm dan sejenisnya. Jika dipaksakan, akan muncul skema di sisi kiri dan kanan foto karena filter fisik akan masuk ke dalam bingkai.

Sistem filter ukuran ini masih bisa dipasang pada lensa 18-55mm, atau dipasangkan dengan lensa 17-40mm dengan bodi kamera tipe APS-C, tidak bingkai penuh.

3. Sistem 100 MM

Sistem filter 100 mm adalah ukuran yang paling umum dan banyak digunakan oleh fotografer lanskap. Sistem filter ukuran ini cocok untuk digunakan pada kamera APS-C dan DSLR bingkai penuh.

Sistem 100 MM
Sistem 100 MM

Saya sangat merekomendasikan sistem ini karena dapat digunakan dengan hampir semua jenis lensa lebar atau tele.

4. Sistem 150 MM

Sistem 150 mm merupakan sistem yang memiliki ukuran terbesar yaitu 150 mm.

Sistem 150 MM
Sistem 150 MM

Sistem filter ini dirancang untuk lensa tertentu dengan badan yang sangat besar dengan optik yang menonjol seperti:

  • Nikon AF-S Nikkor 14-24mm f / 2.8G ED
  • Nikon 14mm f2.8 D AF ED
  • Nikon PC NIKKOR 19mm f / 4E ED Tilt-Shift
  • Canon EF 14mm f2.8 L II USM
  • Canon EF 11-24mm f4L USM
  • Canon TS-E 17mm
  • Fujifilm XF 8-16mm f2.8
  • Pentax FA 15-30mm f2.8 ED SDM WR
  • Samyang 14mm f / 2.8 ED SEBAGAI JIKA UMC
  • Sigma 12-24mm f4.5-5.6 DG HSM II
  • Sigma 12-24mm f4 Art DG HSM
  • Sigma 14-24mm f2.8 Seni
  • Sigma 14mm f1.8 DG Seni
  • Sigma 20mm f1.4 HSM Seni
  • Tamron 15-30mm f2.8 SP Pada VC USD
  • Tokina AT-X 16-28mm f / 2.8 PRO FX

Meski begitu, sebenarnya sistem filter ini juga bisa digunakan pada lensa selain yang disebutkan di atas, namun tentunya penggunaannya akan mubazir mengingat harganya yang lebih mahal dari sistem lainnya.

Jika tidak yakin dengan sistem filter apa yang cocok dengannya gigi apa yang Anda miliki:

  1. Periksa di https://www.leefilters.com/index.php/camera/system-match;
  2. Pilih merek dan tipe lensa yang Anda miliki;
  3. Jika sudah menemukan sistem yang sesuai, tinggal tentukan merk filter mana yang diinginkan jika tidak ingin menggunakan sistem filter lee.

Tips dan Saran!

Filter kamera bukanlah barang murah, jadi pilihlah filter yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika dana terbatas, misalnya Anda hanya mampu membeli 3 jenis filter, maka pilih:

  1. Filter CPL;
  2. GND 0.9 Soft Grad filter;
  3. Filter ND Stopper Besar.

Dengan memilih 3 jenis filter di atas, Anda sebenarnya bisa memotret pemandangan di hampir semua kondisi pengambilan gambar.

Filter tambahan seperti Graduated ND Color, Graduate ND Combination, Black and White Filters, Color Correction Filters, masih bisa diabaikan karena kita masih bisa mendapatkan efek yang dihasilkan melalui perangkat lunak pengeditan seperti Photoshop dengan pemotretan RAW.

Namun jika Anda memiliki dana tidak terbatas, belilah semua filter yang Anda inginkan karena bagaimanapun juga, foto asli masih terlihat lebih baik daripada foto yang terlalu banyak proses. mengedit.

Belilah filter kamera dengan kualitas bagus, jangan pilih yang "biasa-biasa saja" karena kualitas filter sangat mempengaruhi hasil foto.

Ada banyak merk ternama, contohnya:

  1. Hoya;
  2. Filter Lee;
  3. B + W;
  4. Haida.

Demikian 10 Jenis dan Fungsi Filter Kamera dalam Fotografi Lanskap.

Semoga bermanfaat ..!

foto: https://www.leefilters.com/

Posting 10 Jenis dan Fungsi Filter Kamera dalam Fotografi Lanskap muncul pertama kali di K-Shot ™.