20+ Tips Motret dengan Kamera HP demi Hasil Terbaik

20+ Tips Motret dengan Kamera HP demi Hasil Terbaik

Dengan membaca artikel ini diharapkan anda dapat memaksimalkan fungsi kamera handphone anda dengan mengetahui tips mengambil gambar menggunakan kamera handphone.

Institusi penelitian pemasaran digital eMarketer memperkirakan lebih dari 100 juta pengguna aktif smartphone di Indonesia pada tahun 2018 ..

.. sedangkan jumlah fotounggah di Instagram, sekitar 50 juta foto pada tahun 2018 (sumber).

Dengan data ini, Anda tidak ingin meningkatkan ketrampilan untuk mendapatkan foto terbaik menggunakan ponsel cerdas Anda? Jika ya, lihat artikel ini ..

Tip untuk Memotret dengan Kamera HP

Setidaknya ada sejumlah alasan kenapa saat ini banyak orang lebih memilih mengambil foto lewat kamera ponsel daripada kamera profesional:

  • HP adalah perangkat wajib yang akan Anda bawa kemana saja kapan saja;
  • Kamera HP mengalami peningkatan drastis dari samping perangkat lunak, perangkat keras serta teknologi yang disematkan untuk meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan;
  • Beberapa orang merasa rumit memiliki kamera DSLR / Mirrorless bersama mereka sepanjang waktu;
  • Kamera profesional sangat mahal dan tidak semua orang mau mengeluarkan uang sebanyak itu.

Jadi, untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari kamera ponsel Anda adalah hal yang penting, simak tips berikut untuk membantu Anda:

1. Gunakan HP terbaik sesuai kemampuannya

Cerdaslah untuk memilih smartphone sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Harga hp yang lebih mahal belum tentu berbanding lurus dengan kualitas kamera yang disematkan, bisa jadi ada hp yang lebih murah dengan kualitas kamera yang mumpuni.

Gunakan smartphone terbaik sesuai kemampuan

Jangan tergoda oleh ukuran megapiksel besar karena megapikselIni bukan patokan untuk kualitas foto, kebanyakan memang demikian tipu muslihat hanya dari produsen HP.

2. Pahami Komposisi Fotografi

Tentunya salah satu faktor keindahan foto adalah komposisi foto yang menarik. Jadi pahami dulu komposisi fotografi.

aturan komposisi foto ketiga
Komposisi Aturan Ketiga

Baca artikel 20 Teknik Komposisi Foto untuk Meningkatkan Keterampilan Fotografi Anda.

3. Pastikan Cahaya Cukup Menyinari Objek

Kurangnya cahaya akan memaksa kameraDorong ISO ke level yang lebih tinggi. Alhasil, foto akan terlihat buram dan buram atau istilahnya kebisingan.

Pastikan ada cukup cahaya yang menerangi objek
https://unsplash.com/photos/qWBoBpeOxjo

Jadi, usahakan untuk mengambil lokasi foto dengan cahaya yang cukup. Coba nyalakan lampu jika ada atau buka jendela agar sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam ruangan.

Jika tidak ada, aktifkan flash di kamera Anda.

4. Jangan Gunakan Zoom Digital, Mendekatlah ke objek

Jadi di sini, di dunia fotografi – terutama era kamera saku – Ada hal seperti itu zoom digital dan zoom optik.

Zoom digital faktanya Perbesar tipuan yang merupakan fitur tipu muslihat dari produsen kamera. Zoom digital "Memaksa" objek mendekat dengan memperbesar foto secara digital, hasilnya akan buram dan pecah.

Tips memotret dengan kamera smartphone untuk hasil terbaik
kiri: foto yang diambil dengan zoom optik. kanan: normal; klik untuk memperbesar foto. (img: https://www.techspot.com/)

Berbeda dari zoom optik, foto diperbesar menggunakan mekanisme optik Di bagian lensa, hasil foto masih bagus dan tidak pecah.

Jadi, jangan pernah dipakai zoom digital tapi usahakan lebih dekat dengan objek foto.

Zoom optik tersedia di beberapa tipe smartphone kelas atas sebagai iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8. Smartphone ini memiliki kamera kedua yang memiliki fitur 2x zoom optik.

5. Dalam Kondisi Tertentu, Gunakan HDR

HDR berdiri untuk Jangkauan Dinamis Tinggi, jika diartikan secara sederhana berarti ada perbedaan besar dalam tingkat kecerahan antara bagian terang dan bagian gelap.

Lihat foto di kanan bawah …

Gunakan mode HRD dalam situasi tertentu
https://www.techspot.com/

Bagian pohon dan pagar jauh lebih gelap dari pada langit dan atap rumah, inilah namanya Jangkauan Dinamis Tinggi.

Memotret dengan mode Standar, hasil yang didapat akan seperti gambar di kanan atas, sedangkan jika mode HDR diaktifkan, perbedaan tingkat kegelapan foto bisa diminimalkan sehingga hasil akan lebih detail seperti gambar di kiri.

Mode ini juga biasa digunakan saat memotret matahari terbenam atau matahari terbit.

6. Jangan goyang, pegang ponsel setabil mungkin atau gunakan gimbal

Hampir semua lensa kamera DSLR memiliki fitur IS (Penstabil Gambar) atau VR (Pengurangan Getaran). Fitur ini berguna untuk meminimalisir getaran atau guncangan saat mengambil foto agar hasil foto tidak buram atau goyang (menggoyang).

Sebagian besar kamera HP kelas atas beberapa sudah menyematkan fitur ini meski hasilnya tentu tidak semaksimal DSLR / Mirrorless. Jadi, cara utama agar foto tidak buram, usahakan agar ponsel tetap stabil.

Jangan pegang ponsel terlalu jauh dari posisi badan, tetapi dekatkan ponsel ke dada agar tangan ditopang atau disangga.

Jangan goyang, pegang ponsel seestabil mungkin
https://sea.pcmag.com/

Kalau perlu jangan sungkan pakai tripod atau gimbal kalau punya dana lebih.

7. Pahami Kapan Menggunakan Lampu Flash

Kamera HP memiliki teknologi yang cukup fantastis untuk mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, sehingga tidak selalu dibutuhkan. flash dalam situasi ini.

Pahami Kapan Menggunakan Lampu Flash

Menggunakan flash yang kurang tepat terkadang malah bisa merusak hasil foto akibat terbentuknya bayangan atau kecerahan foto yang tidak merata.

Jadi saran saya, coba bereksperimen dulu, gunakan Night Mode, jepret dengan foto flash dan tanpa flash, lihat mana yang merupakan hasil terbaik meskipun digunakan sesekali flash adalah satu-satunya pilihan.

Namun sekali lagi, tidak ada salahnya untuk bereksperimen, sering-sering berfoto dengan nuansa gelap dan murung sebenarnya, itu jauh lebih menarik daripada foto yang terang benderang flash.

8. Kenali Waktu Interval Shutter (Shutter Lag)

Prosesor DSLR dirancang untuk mengambil dan memproses foto secepat kilat segera setelah tombolnya rana ditekan, sedangkan kamera HP ada yang disebut a jeda ranayaitu waktu tunda antar tombol rana mulai ditekan hingga kamera mulai mengambil dan memproses foto.

Jeda waktu ini dikarenakan kemampuan prosesor HP yang belum sepenuhnya dirancang untuk mengambil foto dengan cepat.

Untuk alasan ini, kenali penundaan dan usahakan tangan Anda tetap stabil dan tidak bergerak segera setelah tombol rana ditekan sampai file foto dibuat.

9. Hindari Kesalahan Saat Memotret Siang Hari dan Kapan Matahari terbenam / Matahari terbit

Hindari mengambil foto orang atau objek apapun dengan kamera menghadap ke matahari saat objek menghadap matahari, kecuali Anda sedang bereksperimen atau mengambil foto siluet.

Posisi seperti ini akan membuat objek terlihat gelap dan terkadang silau atau ada suar.

Hindari Kesalahan Saat Memotret Pada Siang Hari dan Saat Matahari Terbenam / Matahari Terbit

Usahakan matahari berada di samping atau di belakang Anda agar matahari dapat menerangi orang / objek yang difoto.

Ini juga berlaku saat mengambil foto sambil matahari terbenam / matahari terbit, usahakan agar matahari di sisi objek tidak persis di belakang objek. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkannya jam emas / biru yaitu 15 menit sebelum matahari benar-benar terbit atau terbenam.

Baca juga:
  • Teknik Shooting Star Trail & Milky Way (Milky Way) untuk Pemula

10. Cobalah memotret dengan Sudut Luar biasa

Idealnya, foto diambil tingkat mata atau seperti yang bisa dilihat mata.

Sekarang, untuk mendapatkan hasil yang lebih kreatif, ubah sudut bidikan dengan memotret dari ketinggian atau dengan menaikkan kamera (mata burung) atau turunkan kamera sejauh mungkin (mata semut).

contoh komposisi refleksi foto

Foto dengan sudut Hasil yang biasa-biasa saja juga akan menjadi biasa-biasa saja, jadi cobalah berfoto dengan sudut tidak biasa sehingga foto tersebut memberikan kesan khusus yang tidak biasa dilihat oleh mata.

Baca:  Jasa Videografi Jakarta – Tips Membuat Video Otomotif

11. Aktifkan Grid untuk Mendapatkan Komposisi Aturan Ketiga yang cocok

Salah satu faktor mengapa foto terlihat bagus adalah komposisi, dan salah satu komposisinya dalam dunia fotografi adalah aturan ketiga.

Aktifkan Grid Untuk Mendapatkan Aturan Komposisi Ketiga Yang Tepat

Jadi, aktifkan Kotak di pengaturan kamera HP sehingga Anda bisa mendapatkan komposisi aturan ketiga akurat sehingga keindahan foto Anda naik di kelasnya.

12. Ambil Foto Sebanyak Mungkin

Banyak smartphone menawarkan fitur ledakan lalu kumpulkan semua foto dalam satu album yang memungkinkan Anda memilih foto mana yang terbaik nantinya.

Selain itu, ada juga handphone yang mampu menganalisa foto mana yang dianggap paling baik dengan melihat apakah semua orang tersenyum atau ada objek yang tidak fokus.

Lakukan ini saat memotret objek dinamis atau bergerak seperti anak-anak, hewan peliharaan, mobil, dan sebagainya.

13. Bersihkan Kaca Kamera sebelum Memotret

Walaupun sudah kamu setting dengan benar, namun komposisinya bagus, tapi hasil foto tidak akan bagus jika ada kotoran yang menempel di kaca kamera hp kamu.

Jadi selalu ingat untuk membersihkan kaca kamera terlebih dahulu sebelum memotret.

14. Rajinlah memotret

Di era digital ini, Anda tidak perlu melakukannya biaya tambahan untuk mengambil foto sebanyak yang Anda inginkan karena semuanya dilakukan dengan cara digital. Coba bayangkan jika masih menggunakan film, berapa harganya gulungan kamu harus menghabiskan?

Karena itu, sering-seringlah berfoto untuk mengasah kemampuan Anda. Semakin banyak Anda memotret, semakin cerdas dan semakin bagus foto yang Anda dapatkan.

Jika memori penuh, Anda dapat menyimpan foto di layanan penyimpanan awan sebagai Dropbox, google Drive atau di Foto Google sendirian.

15. Aktifkan Fokus Memuncak

Fokus Memuncak adalah fitur kamera untuk membantu Anda melihat lebih jelas apakah objek tersebut sudah berada di titik fokus atau belum dengan cara memberi highlight pada bagian yang menjadi fokus.

Tip untuk Memotret dengan Kamera HP

Dengan cara ini Anda akan tahu jika Anda telah mendapatkan area fokus yang Anda inginkan. Jadi jika ada fitur ini, segera aktifkan.

16. Gunakan aplikasi edit foto yang bagus

Android dan iOS memiliki banyak sekali aplikasi pengeditan foto yang bagus toko-nya. Pilih aplikasi yang bagus untuk mengedit foto seperti Snapseed atau VSCO.

Untuk membuat foto bokeh, Anda dapat menggunakan 5 aplikasi di sini.

17. Pelajari Semua Mode Paparan Apa yang ada di Kamera

Tip untuk Memotret dengan Kamera HP

Kamera HP telah dilengkapi dengan beberapa mode eksposur sesuai dengan tujuan pengambilan gambar.

  • Potret »Digunakan saat memotret manusia (potraiture). Kamera akan memilih bukaan terbesar (f-number terkecil) untuk mendapatkan foto bokeh dan juga pengaturan warna kulit yang bagus pelunakan agar kulit tampak halus;
  • Pemandangan »Digunakan saat memotret lanskap (pemandangan). Kamera akan memilih bukaan terkecil (f-number besar) untuk mendapatkan foto yang tajam secara keseluruhan, ISO rendah, saturasi yang ditingkatkan, terutama dalam warna hijau dan biru;
  • Makro (Merapatkan) »Digunakan saat memotret objek kecil dari jarak dekat. Kamera menyesuaikan sehingga lensa bisa fokus pada jarak dekat;
  • Olahraga »Digunakan untuk memotret objek atau objek yang bergerak cepat. Kamera akan menyesuaikan kecepatan rana secepat mungkin untuk membekukan benda tersebut. Saat menggunakan bukaan kecil (f-number besar), kamera akan meningkatkan nilai ISO yang didapat mempercepat yang cepat, selain itu kamera akan menggunakan mode tersebut AI Servo (metode fokus dengan melacak gerakan objek berikut);
  • Potret Malam »Digunakan untuk pemotretan malam hari. Kamera akan menaikkan ISO untuk mengakomodasi cahaya redup. Pada beberapa kamera tertentu, biasanya built in flash akan menyala secara otomatis.
  • Matahari Terbenam / Matahari Terbit »Digunakan saat Anda ingin mengambil foto matahari terbenam atau matahari terbit. Kamera akan memilih pengaturan terbaik untuk mendapatkan foto matahari terbit / matahari terbenam yang bagus;
  • Kembang api »Digunakan saat memotret kembang api, kamera akan menggunakannya kecepatan rana yang sangat lambat dengan bukaan kecil;
  • Pantai / Salju »Digunakan saat memotret pantai atau lingkungan bersalju. Kamera akan memberi kompensasi untuk menghindari foto kurang terang karena mengukur latar belakang putih.

Beberapa pilihan mode lainnya tergantung pada tipe dan merk HP yang dibuat oleh pabrikan.

18. Jika Memungkinkan, Bidik dalam Format RAW

Format RAW adalah format negatif (data mentah) pada foto sehingga tidak mengalami kompresi atau pemrosesan apa pun sebelumnya.

Tips ini hanya untuk mereka yang menyukainya edit-edit foto dan memiliki kapasitas penyimpanan meluap. Jika ruang penyimpanan menjadi perhatian, RAW bukan untuk Anda.

Ada beberapa keuntungan menggunakan format RAW:

  • Itu tidak dikompresi sehingga tidak ada informasi rinci yang hilang, wajar saja jika file RAW berukuran sangat besar;
  • Karena detail foto tidak hilang, Anda memiliki keleluasaan untuk mengedit foto tanpa kehilangan kualitas dan merusak foto.
  • Dengan RAW, Anda dapat melakukan koreksi Keseimbangan Putih seperti contoh foto ini ..
Tip untuk Memotret dengan Kamera HP
Kiri: Foto setelah White Balance dikoreksi

Penggunaan format RAW juga telah digunakan oleh pengguna DSLR selama bertahun-tahun untuk mengolahnya mengedit lebih jauh dan dapatkan hasil maksimal dari foto yang diambil.

Saat ini, beberapa smartphone mendukung pengambilan RAW, jadi jika Anda seriusedit-an, pertimbangkan untuk beralih ke RAW daripada mengambil foto dalam format JPG.

Baca juga : 10 Pro dan Kontra Foto Format RAW.

19. Berikan Efek Filter Yang Wajar, Jangan Berlebihan

Efek filter dapat memberikan kesan yang menarik dan menghilangkan kesan tersebut "Biasa" dari setiap foto yang Anda ambil.

Filter bisa didapatkan dari berbagai aplikasi edit foto seperti Snapseed, VSCO hingga filter yang dimiliki oleh aplikasi media sosial seperti Instagram.

Jangan terlalu banyak memberi efek filter, edit-Sebuah foto hanya untuk memperkuat kesan seperti sedang berfoto vintage atau kesan kamera film, bukan untuk menghiasinya.

Gunakan saja kontras, tanam dan tambahkan suasana hati untuk membantu foto Anda terlihat lebih menarik.

20. Coba Gunakan Lensa Tambahan (Lensa Add-On)

Umumnya kamera hanya memilih satu lensa belakang, meski ada beberapa model yang memiliki 2 lensa dengan fungsi berbeda.

Tip untuk Memotret dengan Kamera HP
https://sea.pcmag.com/

Jika punya dana lebih, gunakan lensa tambahan agar foto lebih keren.

21. Instal aplikasi Google Camera (GCam)

Google Camera adalah aplikasi kamera yang dikembangkan oleh Google untuk Android.

Ada alasan kenapa Google Camera begitu populer, karena sejak pertama kali diperkenalkan, Google Camera menyediakan foto selfie yang sangat bagus dalam menciptakan bokeh. Bahkan kabarnya, bokeh yang dihasilkan lebih baik ketimbang smartphone dengan kamera ganda untuk mode potret.

Baca artikel berikut ini: Selesai! Cara Install Google Camera (GCam) di Xiaomi [Semua Tipe].

Gimana, sekarang sudah ada fotonya kan? Harap berkreasi agar foto Anda tidak terlihat asal-asalan.

Itulah 20 Tips Memotret dengan Kamera HP untuk Hasil Terbaik.

Semoga bermanfaat…!

Pos 20+ Tips Memotret dengan Kamera Ponsel untuk Hasil Terbaik muncul pertama kali di K-Shot ™.