3 Strategi yang Harus Dilakukan Perusahaan Untuk Bertahan di Era Industri 4.0 Ini

3 Strategi yang Harus Dilakukan Perusahaan Untuk Bertahan di Era Industri 4.0 Ini

Saat ini kita telah memasuki era industri 4.0 dimana hampir setiap sektor pekerjaan telah mengalami proses perubahan dalam cara kerjanya. Penggunaan teknologi dan mesin terkini merupakan salah satu faktor perubahan yang terjadi. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Maka dari itu, untuk bertahan di era industri 4.0, Anda harus menggunakan 3 strategi di bawah ini agar bisa bersaing dengan kompetitor di industri yang sama. Apa sajakah dari mereka? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Kualitas sumber daya manusia

Sekarang memasuki era teknologi, tentunya kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan. Karena saat ini penggunaan sistem kerja untuk perusahaan besar hingga kecil sudah mulai menerapkan sistem otomasi dan robot, yang artinya akan banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya akibat perubahan sistem.

Untuk bertahan hidup, masyarakat harus meningkatkan kualitasnya sendiri, karena akan banyak pekerjaan baru yang bermunculan di sekitar teknologi itu sendiri. Mulai dari menjadi analis data, spesialis big data, spesialis pembelajaran mesin, dan masih banyak lagi. Sayangnya, saat ini masih sedikit orang yang memahami bidang ini, hal ini harus diperhatikan oleh banyak perusahaan jika ingin mengembangkan dan mempertahankan usahanya secara maksimal di era industri 4.0 ini.

  • Jaringan Bisnis

Sebenarnya dalam era industri apapun, memperluas, meningkatkan dan memperkuat jaringan usaha merupakan hal yang diperlukan untuk mempertahankan usaha yang dijalankan. Karena dengan memperluas dan memperkuat jaringan bisnisnya, mereka dapat memperoleh hasil yang lebih banyak dan bertahan dalam persaingan yang ketat di dunia bisnis.

Salah satu cara untuk memperluas dan memperkuat jaringan adalah dengan membidik investor baru untuk berinvestasi dan menjangkau konsumen yang lebih luas guna meningkatkan penjualan. Saat ini globalisasi telah terjadi, dan investor dari luar negeri semakin tertarik dengan industri di Indonesia. Tentu ini bisa menjadi peluang bagus untuk memasarkan bisnis Anda ke pasar internasional.

Baca:  Apa Sih yang Dimaksud Director’s Cut dalam Film? Simak Penjelasan & Jenisnya di Sini!

Dengan menggunakan strategi pemasaran bisnis yang tepat sasaran dalam menjangkau konsumen, perusahaan sekaligus dapat memberikan portofolio kepada investor agar lebih yakin mengapa mereka harus berinvestasi di perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan branding yang kuat, membidik konsumen yang tepat, dan membuat strategi pemasaran yang tepat untuk menarik investor.

  • Gunakan Internet of Things

Era industri 4.0 sangat erat kaitannya dengan sistem otomasi dan robot, artinya penggunaan komputer dan perangkat internet juga semakin meningkat. Dengan kecanggihan alat dan internet saat ini, proses produksi hingga tingkat pendapatan dapat diketahui secara real time dari jarak jauh.

Untuk mendukung era industri 4.0 ini, IoT atau Internet of Things muncul sebagai bagian penting dari industri saat ini. Kehadiran IoT sangat memudahkan para pelaku bisnis untuk memantau, mengidentifikasi kekurangan yang harus dilakukan, dan membantu perusahaan mengambil keputusan dalam mengembangkan strategi bisnis berdasarkan data yang telah disajikan.

Dengan menggunakan IoT, Anda dapat bertahan di industri 4.0 ini. Selain itu Anda bisa menggunakan AI (Artificial Intelligence) yang saat ini digunakan hampir di semua sektor industri karena kemudahan dan efisiensinya. Anda juga bisa meningkatkan keefektifan kegiatan monitoring yang sedang terjadi agar data yang Anda butuhkan bisa terekam dengan jelas dan detail tanpa harus repot dengan big data.

Postingan 3 Strategi Yang Harus Dilakukan Perusahaan Agar Bertahan Di Era Industri 4.0 Ini Muncul Pertama Kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.