4 Hal yang Membuat Andy Warhol Menjadi Seniman Fenomenal

4 Hal yang Membuat Andy Warhol Menjadi Seniman Fenomenal

Sosok Andy Warhol tidak akan pernah terlupakan sepanjang waktu. Karyanya yang luar biasa masih membuatnya menjadi artis fenomenal hingga saat ini. Meski sudah tiada, nama Andy Warhol akan terus muncul dalam perbincangan soal seni populer (seni pop).

Warhol terkenal dengan karya-karyanya yang fantastis seperti Kaleng Sup Campbell, Mao, dan Chelsea Girls. Melalui karya ini, ia dianggap sebagai seniman paling sukses dan berpengaruh dalam perkembangan seni rupa seni pop di dunia ini. Memulai karirnya sebagai ilustrator komersial di beberapa majalah ternama di New York seperti Mode dan The New Yorker tidak hanya membuatnya puas.

Ia terus berinovasi dan mengembangkan karyanya, menjadikan pria kelahiran 6 Agustus 1928 ini sangat istimewa dan menjadi bagian dari sejarah yang akan terus mengenangnya sebagai seniman terhebat. Lalu bagaimana Andy Warhol bisa menjadi artis yang fenomenal dan populer saat ini? Mari kita lihat 4 alasan berikut:

  • Nyalakan Pop Art

Menggunakan benda-benda umum, ke benda komersial baginya untuk dituangkan dalam seni populer (seni pop) membuatnya keren karena mampu menghilangkan batas "kelas" yang sebelumnya dikategorikan ke dalam berbagai kasta. Ia memberikan kesan dan pemikiran tentang karya seni yang bisa mengambil inspirasi dan meminjam dari mana saja.

  • Multi talenta

Kemampuannya dalam seni tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya dalam hal melukis dengan kuas atau pensil. Warhol juga pandai dalam bentuk seni lain seperti seni patung, fotografi, film, bahkan menulis novel. Dia tidak hanya mampu melakukannya, tetapi juga seorang profesional di dalamnya, yang membuatnya diakui untuk itu. Salah satunya adalah buku karya sastra yang ditulis sendiri, sering masuk dalam daftar sepuluh buku terbaik tahun 1960-an.

  • Pribadi yang Ramah
Baca:  Buat Rumah Minimalismu Lebih Hidup dengan 9 Desain Pop Art Berikut!

Dilansir dari kumparan.com, salah satu penulis biografi Andy Warhol mengatakan bahwa Warhol adalah salah satu guru terbesar dalam kekuatan pasif yang pernah ada. Artinya dia tidak harus berusaha untuk menjadi terkenal, karena memang begitu. Warhol dikenal sebagai pribadi yang pemalu dan pendiam, meskipun ia dapat mendominasi popularitasnya di dunia seni melalui karya dan kepercayaan dirinya. Itulah yang membuatnya fenomenal untuk ditulis dalam sejarah.

  • Kemampuan Dalam Menggunakan Media Massa

Sebelum karya Warhol tentang pop art diakui dan diakui dunia, saat itu hubungan antara media massa dan seniman di Amerika Serikat kurang baik. Perbedaan idealisme dengan yang lain membuat banyak seniman tidak percaya dengan apa yang bisa disajikan media massa saat itu. Tapi Andy Warhol punya ide berbeda. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, ia memahami bahwa media massa dapat memberikan manfaat bagi karyanya. Warhol memanfaatkan budaya media massa untuk suatu hal. Ia menciptakan karya yang erat kaitannya dengan objek populer yang mampu memanipulasi media untuk menonjolkan dan menyorot karya tersebut. Yang menjadikannya tempat untuk memperkenalkan karyanya juga dirinya berdasarkan hasil seni yang ia hasilkan.

Dalam buku biografi Andy Warhol, pengarangnya, Stephen Koch, mengatakan bahwa Warhol telah menjadi fenomena dimana dalam kepasifannya dan bersemayam seperti makhluk tanpa kebutuhan apapun. Kepribadian inilah yang membuat dia dan karyanya menjadi misterius dan membuat banyak orang semakin penasaran dengannya.

Postingan 4 Hal yang Membuat Andy Warhol Menjadi Artis Fenomenal muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.