5 Hal Tentang Affiliate Marketing yang Harus Kamu Tahu!

5 Hal Tentang Affiliate Marketing yang Harus Kamu Tahu!

Pernahkah Anda mendengar tentang Pemasaran Afiliasi atau Pemasaran Afiliasi? Afiliasi pemasaran didefinisikan sebagai teknik pemasaran berbasis kinerja. Teknik pemasaran yang digunakan relatif sederhana namun efektif antara pengiklan dan produk yang ditawarkan.

Affiliate marketing adalah salah satu metode pemasaran paling populer di dunia untuk menghasilkan pendapatan melalui internet. Karena sifatnya yang memudahkan pembelian produk langsung dari sumbernya sekaligus memberikan komisi kecil bagi pemasang iklan. Program afiliasi ini dapat diterapkan ke semua demografis. Oleh karena itu, simak 5 hal yang harus Anda ketahui tentang pemasaran afiliasi di bawah ini!

1. Pihak yang terlibat

Siapa yang terlibat dalam pemasaran afiliasi? Jawabannya ada 4 pihak. Berawal dari seorang seller yang menjual produk atau jasa dan ingin memanfaatkan orang untuk mempromosikan produk dan jasanya. Kemudian ada pengiklan yang akan bertindak sebagai pemasar afiliasi untuk mempromosikan produk dan layanan yang akan dipromosikan. Mereka akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan, registrasi, dan interaksi yang dilakukan.

Setelah itu ada konsumen sebagai calon konsumen yang akan melihat kampanye iklan tersebut dan akan tertarik dengan promosi yang ditawarkan. Terakhir, ada jaringan pihak ketiga yang merupakan program atau platform afiliasi yang digunakan sebagai perantara antara penjual dan pengiklan.

2. Metode Pembayaran

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk pembayaran Pemasaran Afiliasi. Mulai dari biaya per klik, bayar per prospek, untuk bayar per penjualan. Terlepas dari metode pembayarannya, model pembayarannya berbasis komisi dan biasanya diberikan kepada pengiklan setiap bulan.

Jumlah uang yang diperoleh pengiklan bergantung pada metode pembayaran yang mereka pilih dan ukuran audiens mereka. Banyak youtuber yang menggunakan banyak sekali link affiliasi untuk bisa menghasilkan profit hingga puluhan juta per bulan.

3. Program yang Ditawarkan

Sebenarnya hampir semua produk bisa dijual melalui pemasaran afiliasi dengan cara yang legal. Misalnya seperti Youtuber yang mempromosikan kamera, makanan, atau pakaian yang mereka gunakan dalam video. Selain itu masih banyak jenis produk dan jasa yang bisa ditawarkan di Affiliate Marketing, mulai dari gadget, alat elektronik, jasa dan jasa, produk fisik seperti pakaian, makanan, minuman, hingga produk non fisik seperti voucher, e- buku, dan lain-lain, hingga software juga bisa diterima sebagai produk untuk program affiliate partner.

Baca:  “Mother” Film tentang Hubungan Toksik antara Ibu & Anak

4. Manfaat Menggunakan Pemasaran Afiliasi

Jenis pemasaran ini menguntungkan kedua belah pihak. Baik untuk penjual dan afiliasi. Hubungan ini melepaskan tanggung jawab pemasaran, yang memanfaatkan kemampuan individu untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif. Afiliasi adalah metode yang cukup murah dalam dunia pemasaran.

– Pemasaran afiliasi berbasis kinerja

Afiliasi hanya membayar komisi setelah tindakan yang diinginkan terjadi, yang dapat mendorong mereka untuk lebih termotivasi untuk mencapai konversi yang diinginkan.

– Memperluas penonton

Karena afiliasi dapat ditemukan di setiap pasar dan kategori produk yang ada, banyak dari afiliasi ini sudah memiliki basis pengunjung yang mapan. Hubungan kemitraan ini memberikan peluang bagi penjual untuk berkembang dan menjangkau pasar baru.

– Tingkatkan reputasi

Jika bermitra dengan influencer, YouTuber hingga blogger terkenal dan tepercaya. Anda dapat meningkatkan dan memajukan reputasi merek dan produk yang Anda tawarkan.

5. Kekurangan Pemasaran Afiliasi

Walaupun memiliki banyak kelebihan, Affiliate Marketing juga memiliki kekurangan diantaranya anda tidak bisa mengontrol persaingan dengan pihak lain, kemudian anda juga tidak bisa menjamin pendapatan yang anda dapatkan sehingga konten yang menyesatkan bisa muncul.

Baca Juga: Ingin strategi digital marketing berjalan sesuai ekspektasi? Pahami Tujuannya Terlebih Dahulu!

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran, Anda dapat mengikuti kelas pemasaran digital di International Digital School Education. Apa yang kamu tunggu? Yuk, langsung saja bergabung dengan IDS Education!

Posting 5 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Pemasaran Afiliasi! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.