7 Iklan yang Menggunakan Gaya Kartun & Anime untuk Promosi Produk

7 Iklan yang Menggunakan Gaya Kartun & Anime untuk Promosi Produk

Dimanapun platformnya berada, dunia periklanan tidak akan pernah mati. Mengapa? Ya, karena periklanan adalah strategi untuk memasarkan produk yang paling efektif. Apalagi iklannya berbentuk audio visual.

Meski begitu, membuat iklan itu agak rumit. Baik itu video berdurasi 15 detik atau 2 menit, Anda harus memiliki ide yang bagus agar orang-orang tertarik untuk melihat iklan Anda dan menontonnya sampai selesai.

Salah satu cara agar video iklan menjadi lebih menarik adalah dengan membuat versi kartun atau anime. Seperti iklan Pocari Sweat beberapa waktu lalu yang sempat heboh di Twitter, misalnya. Dan ternyata masih banyak iklan buatan Indonesia yang menggunakan cara ini untuk promo, apa sajakah itu?

  • Mega Kuningan – BRANZ

Yang lebih viral lagi, promosi proyek apartemen mewah di kawasan Mega Kuningan ini sukses bikin iklan bak anime. Bagaimana tidak, perusahaan di balik proyek ini adalah perusahaan pengembang Jepang. Iklan itu sendiri dikerjakan di sebuah studio animasi Jepang. BRANZ Mega Kuningan bercerita tentang seorang wanita asal Jepang yang menyukai budaya Indonesia dan seorang pemuda yang bekerja di proyek BRANZ.

  • OREO

Dipelintir, dijilat, diwarnai? Iklan Oreo ini sangat ikonik. Meski begitu, coba flashback lagi ke iklan Oreo di tahun 2015. Kalau memutar video lagi pasti sudah tidak asing lagi dengan lirik "Bayangkan aku memberikan oreo kepada vampir yang menyenangkan ~". Ditambah animasinya yang lucu membuat Anda merindukan masa kecil Anda.

  • Pocari Sweat

Iklan animasi Pocari Sweat yang satu ini tidak kalah keren dengan anime-namie buatan Jepang. Iklan dari Pocari Sweat ini bercerita tentang siswa SMA yang ingin mengikuti audisi Bintang SMA yang diadakan oleh Pocari Sweat Indonesia. Coba tonton lagi, ceritanya menginspirasi!

  • Go-Jek
Baca:  5 Tips Membuat Desain UX Cantik untuk Aplikasi Mobile

Merek ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya sudah banyak iklan Gojek yang dibuat dengan sangat kreatif, salah satunya dalam bentuk animasi. Iklan Go-Jek bertajuk Little Thing ini sempat viral di tahun 2017-an. Bercerita tentang kehidupan seorang gadis kecil yang melihat kesulitan orang di halte bus. Ibunya memberi nasehat untuk membantu orang yang kesusahan, jadi dia bekerja di Gojek dan membantu orang yang kesusahan.

  • Bukalapak

Sebelum iklan Go-Jek viral, sebenarnya iklan Bukalapak versi animasi sudah keluar lebih dulu dengan judul "Hero for All". Bercerita tentang perjuangan kurir Bukalapak dalam mengirimkan pesanan meski hujan dan macet. Sudah jelas siapa pahlawannya disini? Tentu saja kurirnya!

  • Ichi-Ocha

Iklan dari Ichi-Ocha selalu membuat Anda tertawa, mulai dari jingle, slogan, hingga visual. Nah, iklan teh baru ini menggunakan animasi lucu yang dituangkan ke dalam adegan lucu dengan gaya animasi khas Jepang. Intinya, apapun model iklan Ichi-Ocha itu, akan selalu lucu dan menyenangkan!

  • Line Webtoon

Jadi untuk yang satu ini sudah pasti dalam bentuk animasi. Bagaimana bisa? Gambar itu sendiri berupa manhwa dalam 2D. Iklan webtoon ini sering muncul dengan membuat footage dari adegan tertentu di salah satu chapter Webtoons yang ada. Mereka mengubahnya menjadi anime dimana pengisi suara ditambahkan untuk karakternya dan mengundang penonton untuk membaca komik di Webtoon saja.

Postingan 7 Iklan yang Menggunakan Gaya Kartun & Anime untuk Promosi Produk muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.