8 Tips Merawat Lensa dan Sensor Kamera agar Tidak Jamuran

8 Tips Merawat Lensa dan Sensor Kamera agar Tidak Jamuran

Tahukah Anda bahwa jamur dapat tumbuh pada lensa dan sensor kamera jika salah penanganan atau tidak dibersihkan secara rutin?

Jamur pada lensa / sensor kamera disebabkan oleh debu dan kelembapan yang terperangkap di dalam atau permukaan kamera. Kalau cuma debu seharusnya tidak jadi masalah, tapi jika debu mengandung spora jamur dan terkena udara hangat, jamur bisa tumbuh dan akan terlihat seperti sarang laba-laba di permukaan lensa. [1]

Ini biasanya terjadi dengan lensa yang tidak cuaca tertutup dan digunakan di daerah tropis yang sangat lembab. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kamera DSLR, maka lakukan perawatan dengan baik dan benar secara rutin. [2]

Jamur di lensa. [img src : https://petapixel.com/]

8 Tips Mencegah Pertumbuhan Jamur pada Lensa Kamera dan Sensor

Potongan sensor yang mengkilap dan berwarna pelangi merupakan komponen kamera yang paling sensitif, sekecil apapun debu atau jamur yang menempel, akan sangat mempengaruhi foto yang dihasilkan. Oleh karena itu, jaga selalu kamera agar terhindar dari jamur dan debu yang dapat menyerang area ini.

Cara penyimpanan kamera yang salah akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada kamera atau lensa. Apalagi dengan iklim tropis Indonesia, penyakit kamera satu ini sangat mungkin menyerang.

Setidaknya, ada beberapa cara agar kamera dan lensa Anda tidak berjamur.

1. Hemat Kotak Kering

Simpan kamera dan lensa dalam wadah kedap udara (kotak kering) atau wadah yang dikhususkan untuk menyimpan kamera. Kamera penyimpanannya ada bermacam-macam, mulai dari yang biasa hingga yang memiliki perangkat kontrol digital, layar indikator hingga pengaturan kelembapan.

kamera kotak kering untuk mencegah cetakan lensa sensor
[img src : https://indonesian.alibaba.com/]

Jika dana terbatas, Anda dapat menggunakan wadah plastik kedap udara dan memasukkan silika gel ke dalamnya, sebaiknya menggunakan gel silika listrik sehingga penggunaannya bisa didaur ulang.

Gel silika listrik
Gel silika listrik

Jadi, pilih dry box sesuai budget dan kebutuhan.

2. Segera Keluarkan Kamera dari Kantong

Jangan simpan kamera di dalam tas dalam waktu lama. Setelah digunakan, segera lepas kamera dan pindahkan ke kotak kering atau tempat penyimpanan kamera.

3. Hindari Penyimpanan di Tempat Yang Lembab

Jangan simpan kamera dan wadahnya di tempat yang lembab seperti di lemari, dekat jendela, di bawah AC, dan tempat lembab lainnya.

4. Jaga Kebersihan Lensa & Kamera

Setelah bepergian ke tempat-tempat yang memiliki kelembapan ekstrim, seperti di sekitar air terjun, pegunungan berkabut atau kolam renang, pantai berdebu, tentunya kamera akan mudah berjamur dan tertelan partikel debu mikro. Jadi, coba bersihkan kamera dan lensa segera setelah digunakan di tempat yang lembab atau setelah memotret dalam cuaca hujan.

Kit Pembersih Lensa untuk membersihkan lensa sensor jamur
Kit Pembersih Lensa

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda membutuhkan yang disebut peralatan pembersih kamera Kit Pembersih Lensa yang berisi cairan pembersih lensa, kain lembut khusus, peniup debu karet atau peniup serta sikat lembut (sikat sensor).

5. Letakkan Silica Gel di Tas Kamera

Letakkan silika gel di dalam kamera dan lensa case / case dan ganti silika gel secara berkala. Kalau belum sempat beli silika gel, gunakan saja teh sachet untuk perlindungan awal karena teh bubuk mampu menyerap kelembapan.

Baca:  Bisnis Kuliner Sedang Menjamur? Lakukan cara pemasaran produk makanan Anda Agar Tak Kalah Saing

6. Aktifkan Pembersihan Sensor

Setiap kamera memiliki fitur yang berfungsi untuk membersihkan sensor kamera secara otomatis saat kamera dihidupkan atau dimatikan. Fitur ini tentunya tidak efektif untuk membersihkan jamur atau debu kasar yang sudah menempel di dalamnya. Namun, aktifkan saja fitur ini untuk mencegah masuknya debu mikro atau jamur yang bisa meradang.

7. Hindari meniup sensor / lensa

Hindari meniup lensa / sensor kamera dengan mulut saat membersihkan debu di area ini. Kelembaban udara yang keluar dari mulut akan menempel pada lensa / sensor kamera, yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

Jadi, gunakan blower dan kain bersih dan kering (kit pembersih) untuk menghilangkan debu dari kamera dan lensa.

8. Hindari Menyentuh Permukaan Lensa / Sensor

Jamur bisa masuk ke kamera dan lensa saat Anda menyentuh permukaan lensa atau sensor. Meskipun jamur biasanya tumbuh di bagian dalam lensa atau jendela bidik, terkadang jamur dapat muncul di luar setelah Anda menyentuh suatu area.

Usahakan untuk tidak meninggalkan sidik jari di area ini, jika ya, segera bersihkan kit pembersih.

Baca juga:

    Bagaimana jika kamera dan lensa berjamur?

    Jika tidak segera ditangani, jamur dapat secara permanen menurunkan performa kamera / lensa Anda, menyebabkan foto Anda terlihat buram atau kurang tajam.

    Jika jamur ada di bagian depan / luar optik lensa, Anda bisa membersihkannya dengan cairan pembersih lensa. Tapi kalau jamur ada di bagian dalam optik atau di sensor kamera sebaiknya dibawa langsung ke tukang reparasi kamera karena membersihkan jamur di bagian dalam lensa atau sensor sangat riskan.

    Ada beberapa tindakan awal yang dapat Anda lakukan:

    1. Bersihkan dengan Pembersihan Sensor

    Langkah pertama, coba gunakan fitur pembersih sensor pada kamera Anda. Jika jamur atau debu masih ada, lakukan langkah kedua.

    2. Gunakan Peniup

    Lepaskan lensa dan bersihkan sensor kamera dengan blower. Jika jamur atau debu masih ada, lanjutkan ke langkah ketiga.

    3. Gunakan Mengepel Sensor

    Kapas adalah alat yang cukup ampuh untuk membersihkan jamur dan lensa pada sensor kamera Anda. Namun perlu kehati-hatian saat menggunakan alat ini, jika salah dapat mengakibatkan goresan hingga merusak sensor kamera Anda.

    sensor usap untuk membersihkan jamur dan debu pada sensor kamera
    Sensor Swab

    Usap hanya dalam satu arah, jangan gesek dari kanan ke kiri.

    4. Bawa ke Ahli

    Jika Anda ragu, sebaiknya bawa saja kamera atau lensa Anda ke ahlinya, bisa Pusat servis atau jasa pihak ketiga yang tentunya sudah terbukti kemampuannya dalam membersihkan sensor / lensa kamera.

    Oke tentunya sekarang sudah paham bagaimana cara merawat lensa dan kamera agar tidak berjamur.

    Semoga bermanfaat ..!


    1. HIDUP.
    Bersihkan Jamur Dari Lensa Kamera Anda ↗
    .

    2. SONY.COM.
    Apakah jamur lensa itu dan apakah akan merusak lensa kamera saya? ↗
    .

    3. PETAPIXEL.
    Bagaimana Menghilangkan Jamur dari Lensa ↗
    .

    Postingan 8 Tips Merawat Lensa dan Sensor Kamera Agar Tidak Jamur Muncul Pertama di K-Shot ™.