9 Tips Jitu Membangun Startup dari Drama Korea “Start Up”!

9 Tips Jitu Membangun Startup dari Drama Korea “Start Up”!

Buat kamu pecinta K-drama pasti sudah tidak asing lagi dengan kata "Start Up". Bagaimana tidak, drama yang diperankan oleh Bae Suzy dan Nam Jo Hyuk ini selalu menjadi trending topic di setiap episode penayangannya.

Bahkan hashtag #teamjipyeong dan #timnamdosan sering digunakan untuk memasarkan beberapa brand ternama. Namun dibalik kesuksesan drama ini, bukan hanya jalan cerita cintanya yang patut diapresiasi, melainkan juga kisah perjuangan masing-masing karakter yang telah bekerja keras untuk menciptakan sebuah startup. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dalam membangun startup dari drama ini yang bisa Anda pelajari. Apa pun?

  • Memiliki visi dan tekad yang kuat

Dalam drama ini, tentang Nam Dosan yang memiliki ide bisnis yang cemerlang. Dosan bersama Seo Dalmi berusaha mengembangkan bisnis startupnya agar memenuhi syarat di Sandbox. Mereka berusaha menggapai impian itu dengan gigih, pantang menyerah meski banyak kendala.

  • Miliki tujuan yang jelas

Semua karakter di sini memiliki tujuan yang jelas. Nam Dosan memiliki tujuan untuk membuat perusahaannya sendiri, Seo Dalmi bertujuan untuk membuktikan bahwa dia tidak salah dalam mengambil keputusan untuk tinggal bersama ayahnya ketika orang tuanya bercerai. Sementara itu, Han Ji Pyeong memiliki cita-cita menjadi orang sukses, menjadi pengusaha dan investor yang sukses.

  • Hidup tidak selalu mulus

Drama ini juga mengajarkan kamu untuk tidak mudah menyerah meski akan banyak badai yang akan datang. Karena Anda ingin menjalani kehidupan apa pun, hidup tidak akan pernah berjalan semulus yang Anda bayangkan, selalu ada hal-hal yang menghalangi jalan Anda.

  • Pilih pasangan yang baik

Drama ini juga memberi tahu kita bahwa jika ingin sukses dalam mengejar sesuatu, kamu harus memilih pasangan yang baik yang memiliki tujuan yang sama. Mitra yang dapat bekerja sama dengan baik, saling mendukung, dan saling percaya.

  • Pilih mentor yang baik
Baca:  Likes di Sosial Media Kamu Cuma Dikit? Mungkin Ini Sebabnya!

Kesulitan Dosan dalam membangun perusahaannya sendiri memang berlangsung lama, kurang lebih 3 tahun. Namun semua itu berubah sejak Han Ji Pyeong datang dan membantunya sebagai mentor yang bisa membuat perusahaan startup Dosan berkembang.

  • Terima umpan balik

Terkadang orang yang idealis merasa sulit menerima masukan, apalagi jika orang tersebut memiliki ego yang tinggi. Yup, kamu memang butuh hati yang besar untuk menerima masukan atau kritik orang lain. Tetapi Anda harus belajar untuk menekan ego Anda sehingga Anda dapat mencapai hal-hal yang lebih baik.

  • Jangan meremehkan orang lain

Dalam drama ini, Dalmi dianggap remeh oleh Chisan dan Yeongsang. Dia merasa tidak aman dengan kemampuannya. Padahal Dalmi cukup mumpuni dan mampu memikat hati para juri dan penonton melalui sajian yang dilakukan saat itu. Jadi jangan remehkan kemampuan orang lain hanya karena merasa punya lebih banyak pengalaman atau kuliah ya! Kita selalu bisa belajar dari seseorang, apakah mereka lebih muda, atau jam terbang mereka lebih sedikit.

  • Jangan menyerah

Ini yang paling penting. Tidak peduli seberapa yakin Anda pada tujuan Anda, jika Anda mudah menyerah ketika Anda menghadapi kesulitan maka Anda tidak akan pernah berhasil mencapainya. Nam Dosan dan Seo Dal Mi memiliki kesulitan masing-masing tetapi mereka tetap tidak menyerah dan terus berjuang untuk tujuan mereka.

  • Buat strategi yang bagus

Anda harus memiliki strategi yang baik untuk mencapai impian Anda. Awalnya perusahaan Dosan tidak berkembang karena tidak memiliki strategi yang baik sehingga tidak mendapatkan investor. Ada kalanya kita juga harus mengalah untuk mendapatkan sesuatu.

9 Tips Membangun Startup dari Drama Korea "Start Up"! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.