Alasan Mengapa Kamu Membutuhkan Design Thinking

Alasan Mengapa Kamu Membutuhkan Design Thinking

Tahukah Anda apa itu design thinking?

Design thinking adalah cara kita melakukan pendekatan dalam memecahkan masalah. Daripada harus selalu menjadi orang yang kreatif, menjadi seseorang yang bisa menyelesaikan masalah di berbagai bidang merupakan latihan dalam menganalisis sesuatu. Biasanya pemikiran desain ini dibutuhkan saat ini pertemuan atau pertemuan. Dalam situasi ini pemimpin lebih memilih pemecahan masalah yang logis daripada yang kreatif.

Hasil dari pemikiran desain dapat menghadirkan ide-ide yang dapat bermanfaat bagi pengguna dan nilai dalam jangka waktu yang lama. Karena itu pemikiran desain memainkan peran strategis utama dalam pengambilan keputusan, telah memberikan lompatan besar bagi banyak perusahaan terkenal seperti Apple, Whirlpool; dan GE, dengan meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan nilai bagi semua pemangku kepentingan.

Dengan menerapkan pemikiran desain, pentingnya menerapkan prinsip-prinsip yang diminta menjadi jelas. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan melalui pemecahan masalah yang kreatif dengan menggunakan bantuan teknologi, serta strategi berbasis konsumen akan membuat perusahaan mana pun unggul di industri apa pun. Inilah mengapa Anda membutuhkan pemikiran desain untuk memecahkan masalah.

Ketika diberi masalah dengan misi atau tujuan, pemikiran desain adalah inti dari pemecahan masalah. Anda harus mulai dari awal, menciptakan solusi berdasarkan pembelajaran dan iterasi. Solusi tidak akan datang hanya dalam semalam. Anda perlu waktu untuk membangun solusi, mengujinya dan membuat hipotesis hasil yang sukses, mengevaluasinya dan menghasilkan hasil akhir.

Melalui proses ini, Anda dapat menemukan solusi terbaik dengan membuat dan memperluas konsep tertentu yang tidak dapat diselesaikan oleh orang yang berpikiran sama. Menggunakan pemikiran desain juga dapat memberikan solusi dalam berbagai macam masalah dan konsep.

Seluruh proses pemikiran desain fokus pada penciptaan ide-ide baru, berbeda, inovatif tetapi logis untuk suatu situasi. Dengan menciptakan solusi, melihat keefektifannya, mencoba berbagai kemungkinan, dan terus menyempurnakan eksekusi ke tingkat yang optimal, Anda dapat menciptakan pasar baru untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Berbeda dengan namanya, pemikiran desain tidak hanya untuk desainer. Meskipun beberapa pengalaman untuk berpikir kreatif sangat membantu, bahkan rata-rata orang pun bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan sarana pemikiran desain saat mengikuti arahan atau metode yang sesuai. Secara teknis, design thinking dapat diterapkan di banyak bidang, mulai dari teknik, arsitektur, organisasi, periklanan, pengembangan, hingga kehidupan sehari-hari

Jika Anda belum pernah menggunakan pemikiran desain, maka inilah saatnya Anda mencoba mencari jalan keluar dengan cara baru. Selesaikan masalah Anda dengan membentuk tim, menyusun proses kreatif yang akan dilakukan, dan memvisualisasikan manfaat dari solusi yang Anda buat dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam menyelesaikan masalah.

Perusahaan atau organisasi yang selalu berusaha untuk berinovasi dapat memperoleh keuntungan yang besar dengan mendorong kematangan pekerjaan yang dilakukan oleh semua departemennya dengan menggunakan pemikiran desain. Ada banyak cara untuk membuat perbedaan, tetapi satu hal yang pasti. Kita semua membutuhkan pemikiran desain untuk tetap kompetitif di dunia bisnis yang bergerak cepat saat ini.

Postingan Reasons Why You Need Design Thinking muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.

Baca:  6 Prinsip Utama Desain UX yang Harus Kamu Tahu