Apa Aja Sih Perbedaan Animasi 2D & 3D? Kenali di Sini!

Apa Aja Sih Perbedaan Animasi 2D & 3D? Kenali di Sini!

Apakah Anda sudah mengetahui perbedaan antara animasi 2D dan 3D? Orang awam biasanya mengira bahwa animasi 2D adalah bentuk animasi jadul dan animasi 3D adalah bentuk animasi saat ini. Apakah itu benar? Temukan jawabannya dan diskusikan lebih lanjut tentang perbedaan animasi 2D dan 3D.

Dalam animasi 2D tradisional, semua yang Anda lihat adalah buatan tangan, bingkai demi bingkai. Animasi 2D adalah seni yang didasarkan pada pembuatan pergerakan objek dan karakter dalam ruang dua dimensi yang hanya mencakup lebar dan panjang. Gerakan ini digambarkan melalui gambar yang sebagian besar berupa sketsa pensil yang menunjukkan gerakan. Mereka diatur secara berurutan untuk menciptakan ilusi gerakan yang sempurna.

Animasi 2D adalah seni membuat gerakan dalam ruang dua dimensi, termasuk karakter, makhluk, FX, dan latar belakang. Gaya animasi 2D digunakan pada kartun, iklan, demo produk, video komersial, hingga video pendidikan atau video hiburan.

Sedangkan animasi 3D dibuat dengan menggunakan software dan berkaitan dengan pembuatan model 3D dan pergerakannya dalam lingkungan digital. Membuat animasi 3D jauh lebih kompleks daripada animasi 2D, karena melibatkan pemodelan, animasi, dan rendering. Animasi 3D banyak digunakan untuk video game, film, industri kartun dan biasanya digunakan untuk produk high-end.

Dalam animasi tradisional, animasi 2D jauh lebih rumit daripada animasi 3D karena memerlukan animator untuk menggambar 24 frame per detik dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang prinsip animasi, anatomi, gerakan, dan fisika di balik gerakan. Juru animasi harus bisa memanipulasi masing-masing bingkai dalam animasi 2D, sehingga menghabiskan lebih banyak waktu pada proses pembuatan, dan juga sedikit lebih kompleks daripada animasi 3D.

Animasi 2D umumnya lebih murah untuk diproduksi daripada animasi 3D, meskipun harganya bervariasi dari proyek ke proyek. Biasanya, produksi video animasi 2D 60 detik tradisional berharga $ 1.000- $ 5.000, sedangkan video 3D 60 detik berharga antara $ 7.000- $ 9.000. Ini karena animasi 3D memerlukan penggunaan perangkat lunak dan platform yang kompleks, sedangkan animasi 2D sebagian besar dilakukan secara manual dan dapat dikompilasi menggunakan perangkat lunak animasi 2D secara gratis.

Perbedaan terbesar antara keduanya terletak pada proses animasi video. Jika proses pembuatannya dibagi menjadi 3 tahap maka akan ada praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Anda dapat melihat bahwa animasi 3D jauh lebih kompleks dan memakan waktu.

Proses pembuatan animasi 2D adalah:

  • Pra Produksi: scripting, storyboarding Animasi 2D, elemen visual, dan pengembangan
  • Pasca produksi : Integrasi audio, pengeditan, dan ulasan lagi

Proses pembuatan animasi 3D adalah:

  • Pra produksi: membuat skrip dan papan cerita, membuat pemodelan 3D, tekstur, rigging, dan skinning.
  • Produksi: membuat animasi, memberikan cahaya untuk visual yang realistis, komposisi, dan FX khusus.
  • Pasca produksi: tambahkan efek suara khusus, edit dan tinjau, lalu render.

Postingan Apa Perbedaan Animasi 2D & 3D? Kenali Disini! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.

Baca:  7 Teknik Dasar Sinematografi yang Harus Anak Film Tahu