Berikut 12 Film Panjang yang Lolos Kurasi Festival Film Indonesia 2020

Berikut 12 Film Panjang yang Lolos Kurasi Festival Film Indonesia 2020

Ajang penghargaan tertinggi di industri perfilman Indonesia kembali digelar tahun ini. Terlepas dari pandemi yang terjadi, Festival Film Indonesia (FFI) berusaha untuk terus memberikan apresiasi atas kerja dan upaya yang telah dilakukan oleh para pelaku film.

Penghargaan yang digelar pada 5 Desember lalu itu merilis daftar panjang film yang lolos kurasi. Film apa yang lolos? Ini daftarnya!

  • Tidak Sempurna: Karir, Cinta, dan Timbangan

Film yang disutradarai oleh Ernest Prakasa ini berkisah tentang Rara yang terlahir gemuk dan berkulit cokelat. Hingga suatu saat Rara mendapat promosi untuk dipromosikan tetapi bosnya meminta dia untuk mengubah penampilannya secara total untuk menjalankan tanggung jawab ini.

  • Omong kosong

Faozan Rizal berhasil membuat film tentang seorang grandmaster yang tidak lagi percaya pada keajaiban. Di pertunjukan terakhirnya, dia berencana untuk gagal dan mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang untuk berhenti bermain sulap.

  • Susi Susanti: Cintai Semua

Film biografi besutan sutradara SIm F ini mengisahkan bagaimana Susi Susanti, pebulutangkis legendaris, sangat mencintai bulu tangkis sejak dini. Sejak 14 tahun ia berusaha dan berkembang menjadi atlet kebanggaan Indonesia.

  • Ratu Ilmu Hitam

Sutradara Kimo Stamboel berhasil menggambarkan kengerian kehidupan seseorang dengan ilmu hitam, yang memiliki dendam yang ingin menyiksa sebuah keluarga hingga mereka semua mati.

  • Guru Gila

Film ini menceritakan tentang Orang yang Patuh yang menganggap uang adalah simbol kesuksesan. Dengan ambisi yang besar untuk bisa sukses meski sering gagal dalam karirnya, akhirnya terjadi insiden di sekolah yang ia ajar dan mengubah pandangannya tentang uang. Sutradara Sammaria Simanjuntak berhasil mengemas film ini dengan apik dengan para pemerannya, Gading Marten dan Dian Sastro.

  • Istri orang lain

Film karya Dirmawan Hatta ini mengisahkan tentang kehidupan wanita yang kompleks. Kisah seorang wanita bernama Endah yang selama perjalanan cintanya bertemu dengan berbagai pria. Pria yang mencintainya, menjualnya, menipunya untuk meninggalkannya.

  • Humba Dreams
Baca:  7 Teknik Dasar Sinematografi yang Harus Anak Film Tahu

Film karya Riri Riza ini menceritakan tentang Martin yang kembali ke Sumba. Martin, seorang pelajar di Jakarta, kembali ke Sumbawa untuk memecahkan misteri warisan ayahnya yang tak terkubur meski sudah meninggal tiga tahun lalu.

  • Kepulangan

Sutradara Adriyanto Dewo sedang menggarap film yang menceritakan tentang sepasang suami istri yang mudik saat lebaran. Mudik tahun ini memang tidak mudah karena di antara mereka ada konflik yang disebabkan oleh pihak ketiga.

  • Ilmu Fiksi

Film ini bercerita tentang seorang pemuda dari Yogyakarta yang dianggap gila karena membangun gedung mirip roket di belakang rumahnya, selalu bergerak perlahan (slow motion) seperti astronot, dan mengaku melihat penembakan manusia yang mendarat di atas moon oleh kru asing di Jogja.

  • Lagu Gunung

Film yang ditulis oleh Yusuf Radjamuda ini menceritakan tentang kesulitan hidup terasing di desa terpencil di Sulawesi Selatan. Sulitnya akses mengakibatkan banyak warga yang meninggal dalam perjalanan menuju dataran rendah.

  • Mekkah Aku Akan Datang

Film berdurasi panjang ini mengawali debutnya dari sutradara Jeihan Angga yang menceritakan kisah hubungan Eddy dan Eni yang dipertaruhkan. Karena Eni akan dijodohkan dengan Pietoyo, saudagar kaya.

  • Bad Land Woman

Film karya Joko Anwar ini bercerita tentang Maya yang kembali ke kampung halamannya untuk mencari tahu tentang warisan keluarganya di desa. Namun ia malah mengungkap misteri kampung halamannya.

Dari dua belas film tersebut, apakah ada yang menjadi favorit kamu atau tidak?

Postingan 12 film unggulan berikut yang lolos kurasi Festival Film Indonesia 2020 muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.