Bikin Desainer Semakin Kreatif, Ini 6 Latihan Creative Thinking yang Harus Kamu Coba!

Membuat desain yang orisinal dan tak lekang oleh waktu bukanlah sesuatu yang bisa diwujudkan begitu saja. Membuat desain melalui banyak proses yang sulit, melalui banyak trial and error, dan melalui banyak sesi brainstorming untuk mendapatkan hasil terbaik. Bahkan desainer profesional pun mengalami saat-saat mereka kehabisan inspirasi. Mempraktikkan latihan desain pendek secara teratur dapat membantu Anda menyegarkan perspektif Anda tentang masalah desain yang sedang Anda hadapi ini. Jika Anda merasa mandek dan kehabisan ide, cobalah proyek harian di bawah ini yang dapat memulihkan pemikiran kreatif Anda.

  • Buat sketsa Peta Pikiran

Cobalah untuk memahami bagaimana otak Anda ingin bekerja dengan membuat sketsa pemikiran konseptual Anda menjadi peta pikiran, ini adalah salah satu latihan berpikir kreatif dalam desain. Menambahkan wawasan ke dalam proses kreatif Anda sendiri akan membantu Anda menemukan ide-ide baru. Anda mungkin menemukan titik mana yang perlu dikembangkan dengan ide-ide berbeda atau pemikiran mana yang membawa Anda ke jalan buntu. Peta pikiran adalah ekspresi pribadi dari alur kerja kreatif Anda, sehingga Anda dapat merujuk ke peta pikiran ini nanti kapan pun Anda merasa mandek dan tidak dapat berpikir.

  • Buat Papan Cerita

Cerita yang dibuat dengan baik tidak terbatas pada film atau tulisan. Papan cerita adalah cara yang menyenangkan untuk bermain dengan warna yang lebih dalam dan komposisi warna. Anda dapat bereksperimen dengan menggambar untuk tahap awal pengembangan karakter atau latar belakang sebuah adegan. Buat narasi singkat menggunakan storyboard menggunakan kartu indeks, buat satu sketsa dalam satu bingkai di setiap kartu. Gabungkan serangkaian adegan dan coba uji kemampuan Anda untuk menarik pemirsa & # 39; perhatian dengan visual yang menarik dan alur cerita yang menarik.

  • Ikuti Tantangan Perkembangan Sketsa
Baca:  Apa itu Postmodernisme dan Bagaimana Contohnya Dalam Industri Film?

Berlatih terus menerus dalam jangka waktu yang telah ditentukan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan perkembangan yang telah Anda lakukan. Mulai dari corak, warna, hingga kecepatan. Mulailah dengan ide atau konsep untuk menggambar. Cobalah menggambarnya sebentar, lalu ambil foto. Meskipun terlihat seperti coretan, ada baiknya untuk tetap mendokumentasikannya dengan baik. Kemudian ulangi prosesnya lagi setelah 10 menit kemudian, kemudian 30 menit kemudian dan seterusnya. Dengan melihat hasil dokumentasi foto yang Anda buat dari menit-menit sebelumnya, Anda akan melihat bagaimana gambar Anda berkembang menjadi gambar berikutnya. Lihat di mana Anda menambahkan lebih banyak detail dan hiasan. Ini adalah refleksi mini yang memungkinkan Anda melihat secara real time bagian mana yang harus Anda prioritaskan dan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat desain Anda menonjol.

  • Buat Logo Anda Sendiri

Mendesain logo artinya harus melakukan banyak hal sekaligus, mulai dari identitas merek dalam gambar kecil, mampu menarik perhatian orang banyak dan tidak merusak pemandangan. Membuat logotype adalah latihan yang biasa dilakukan oleh desainer grafis, biasakan. Rancang logo Anda berdasarkan kepribadian, latar belakang, atau keahlian Anda. Pilih apakah Anda ingin membuat logo 2D atau 3D, lalu buat versi gaya yang berbeda. Dengan membuat logo, Anda menantang diri sendiri untuk menghasilkan banyak perubahan desain unik dari desain awal yang sama.

Postingan Bikin Desainer Lebih Kreatif, Inilah 6 Latihan Berpikir Kreatif yang Wajib Kamu Coba! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.