Bingung Kenapa Kebanyakan Tokoh Kartun Favorit Berwarna Kuning? Ini Dia Alasannya!

Bingung Kenapa Kebanyakan Tokoh Kartun Favorit Berwarna Kuning? Ini Dia Alasannya!

Kartun tidak hanya menjadi acara favorit anak-anak tetapi juga populer di semua kalangan. Seperti kebanyakan film, cerita dan plot yang disajikan memiliki genre yang beragam. Tak heran jika banyak orang yang terhibur setelah menyaksikannya. Jika Anda termasuk orang yang mengikuti perkembangan kartun, pernahkah Anda menyadari bahwa banyak karakter dalam kartun yang berwarna kuning? Bukan tanpa alasan, lho. Pemilihan warna memiliki tujuan tersendiri. Ingin tahu? Informasi berikut dapat menambah wawasan Anda.

Deretan Tokoh Kartun Kuning

Suka menonton kartun dari berbagai genre? Mencoba untuk mengingat. Menurut Anda, apa karakter kartun kuning yang pertama kali muncul di benak Anda? Yap, tidak salah lagi. Kartun seperti Spongebob, Minion dari Despicable Me, The Simpsons, Pooh, Cute Tweety, Pikachu, Dorami adik dari Doraemon, adalah beberapa di antaranya. Pernah bertanya-tanya mengapa karakter dari beberapa kartun ini diwarnai kuning? Cari tahu selengkapnya, yuk!

Alasan Karakter Kartun Kuning

Alasan mengapa banyak pencipta memilih warna kuning untuk karakter dalam film kartun telah dipikirkan dengan matang, seperti dikutip dari laman YouTube ChannelFrederator. Berdasarkan struktur warnanya, cara termudah untuk membuat karakter kartun lebih menarik adalah dengan perbedaan visual yang mencolok dengan warna pada latarnya namun tetap tidak saling bertabrakan. Misalnya, background pada film kartun banyak menggunakan warna biru untuk lautan dan awan. Oleh karena itu, warna kuning sengaja dipilih agar terlihat cerah dan bila disandingkan dengan warna biru terlihat serasi. Perpaduan warna biru dan kuning akan terlihat lebih seimbang.

Menciptakan Visual Yang Nyaman

Berdasarkan pernyataan dari psikolog, kombinasi warna biru dan kuning mampu menciptakan visual yang terasa nyaman dan enak dipandang. Warna kuning cerah juga mampu membuat penonton lebih fokus, sehingga tidak mudah teralihkan oleh hal-hal kecil lainnya. Sedangkan warna lain seperti jingga, hijau, atau ungu tidak dipilih karena cenderung menimbulkan benturan warna yang mengganggu visual.

Warna Kuning Bisa Membangun Mood

Baca:  Yeay! Produksi Film “Friends” Edisi Reuni Dimulai Tahun Ini

Jika kita membahas setiap warna dari sudut pandang psikologis, setiap warna memiliki arti dan ciri khasnya masing-masing. Anda juga bisa melihatnya di film animasi Inside Out. Warna seperti merah dan biru digunakan sebagai warna dasar untuk beberapa karakter di dalamnya. Kedua warna tersebut cenderung diartikan negatif dan menimbulkan tekanan mental. Sedangkan warna cerah seperti kuning memberikan arti kehangatan dan kebahagiaan. Tak hanya itu, warna kuning juga bisa membuat keinginan untuk terus bermain. Secara psikologis, makna kuning pada tokoh kartun tampaknya mencerminkan kebahagiaan, kegembiraan, dan sosok yang ceria.

Tidak hanya itu, kuning juga merupakan warna yang paling terlihat pada spektrum dan menyebabkan sel mengerucut di mata saat memproses cahaya. Inilah yang membuat warna kuning lebih cepat tertangkap mata. Semakin terang, semakin cepat ia ditangkap.

Warna kuning juga berperan besar karena memiliki arti tersendiri bagi penyandang buta warna. Penderita masih bisa mengenali warna kuning. Maka tak heran jika banyak karakter di kartun atau film animasi memilih warna kuning agar bisa dinikmati dan disaksikan siapa saja.

Sekarang kalian sudah paham kenapa karakter dari berbagai film kartun berwarna kuning? Ternyata banyak alasan menarik di dalamnya. Buat kamu yang punya minat di bidang animasi, kamu bisa mengembangkan skill di bidang animasi hanya dengan mengikuti kelas di IDS Education!

Postingan Bingung Kenapa Karakter Kartun Paling Favorit Berwarna Kuning? Inilah alasannya! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.