Bingung Pilih Mirrorless atau DSLR? Berikut Cara Tepat Memilih Kamera untuk Foto & Video

Bingung Pilih Mirrorless atau DSLR? Berikut Cara Tepat Memilih Kamera untuk Foto & Video

Hai, apakah kamu suka memotret atau membuat video dan berencana membeli kamera agar hasilnya lebih baik dari sekedar memotret atau merekam menggunakan kamera smartphone?

Kebanyakan pemula akan bingung harus membeli kamera DSLR atau Mirrorless. Meski kamera DSLR telah menjadi pilihan selama beberapa tahun terakhir, kemunculan kamera mirrorless kini telah membawa banyak perubahan dalam minat para pecinta fotografi, baik pemula maupun profesional. Lalu bagaimana cara memilih kamera yang tepat untuk kebutuhan Anda, apakah itu DSLR atau Mirrorless? Yuk simak ulasan berikut ini.

Mirrorless vs DSLR

Cara termudah untuk membedakan kamera DSLR dan kamera mirrorless adalah kamera DSLR memiliki cermin sedangkan kamera mirrorless tidak. Mari kita uraikan lebih dalam.

Kamera DSLR adalah kamera digital yang memungkinkan cahaya masuk melalui satu lensa dimana ia akan menabrak cermin yang kemudian akan memantulkan cahaya ke atas atau ke bawah, ke dalam kamera. jendela bidik optik (OVF). DSLR adalah singkatan dari Refleks SIngle-LEns Digital. Saat Anda menekan tombol rana, cermin akan terbalik. Shutter kemudian bergeser terbuka dan cahaya yang masuk dari lensa akan mengambil bidikan langsung ke sensor pencitraan tempat foto itu dibuat.

Sedangkan kamera mirrorless merupakan kamera digital yang tidak memiliki cermin refleks. Di mirrorless, tidak ada jendela bidik optik dan sensor gambar selalu terpapar cahaya. Itu akan memberimu pratinjau dari gambar jendela bidik elektronik (EVF), yang sering menjadi layar LCD di belakang kamera.

Mereka juga memiliki perbedaan dalam ukuran, masa pakai baterai, kualitas gambar, kecepatan menembak, pengalaman pengguna, lensa yang dapat diganti, kualitas video dan fokus otomatis. Karena DSLR memiliki lebih banyak bagian yang dapat digerakkan, biasanya kamera ini jauh lebih besar daripada kamera mirrorless.

Jika mirrorless menggunakan EVF untuk menampilkan gambar yang akan diambil, pada DSLR gambar dipantulkan dan masuk melalui viewfinder. Inilah mengapa terkadang foto yang dihasilkan sebelum dan sesudah pengambilan foto sering kali terlihat agak miring. Ini karena gambar yang biasanya Anda lihat di OVF pada DSLR tidak ada hubungannya dengan eksposur. Dalam hal ini diperlukan pertimbangan dalam mengatur bukaan, ISO dan kecepatan rana.

Pro dan Kontra DSLR

Baca:  Bisnis Kuliner Sedang Menjamur? Lakukan cara pemasaran produk makanan Anda Agar Tak Kalah Saing

Kelebihan: masa pakai baterai lebih lama, lebih banyak pilihan lensa, fokus otomatis lebih cepat.

Cons: besar dan berat, lambat di dalam kecepatan menembak, DSLR hanya menyajikan video 4k atau Ultra HD untuk jenis yang mahal.

Pro dan Kontra Mirrorless

Kelebihan: ringan, kecil dan mudah dibawa, lebih sedikit bagian yang bergerak, tidak ada menjentikkan cermin artinya kamera tidak goyang, bagus untuk mode video, EVF bisa digunakan di mode video, sedangkan OVF di DSL tidak bisa digunakan. Selain itu, resolusi tinggi biasanya merupakan spesifikasi dari kebanyakan mirrorless kelas bawah dan Stabilisasi dalam tubuh.

Kekurangan: baterai cepat habis, mungkin ukurannya terlalu kecil untuk orang dengan lengan besar, pilihan lensanya kecil dan EOV terbatas di lingkungan yang kurang cahaya.

Namun, saat ini ada perdebatan antara keduanya mana yang lebih baik. Seiring perkembangan zaman, bentuk dan fungsi masing-masing kamera mengalami perbaikan. Oleh karena itu, pastikan untuk mempelajari tipe dan spesifikasinya sebelum membeli DSLR atau kamera mirrorless!

Postingan Bingung Pilih Mirrorless atau DSLR? Berikut Cara Tepat Memilih Kamera agar Foto & Video Muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.