Brand Indonesia yang Berhasil Sukses dengan Strategi Content Marketing

Brand Indonesia yang Berhasil Sukses dengan Strategi Content Marketing

Saat ini, pemasaran konten menjadi trend baru dalam pemasaran produk dengan tujuan menarik banyak perhatian audiens sehingga banyak dari mereka yang mengenal merek dan membeli produk. Cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional seperti menggunakan periklanan. Masyarakat dewasa ini tidak mudah terpengaruh oleh strategi atau promosi yang dilakukan secara langsung. Kini, periklanan lebih banyak digunakan sebagai distribusi konten dan menjadi bagian dari strategi pemasaran di era digital.

Adanya konten untuk digital marketing membuat semakin banyak orang mempercayai bisnis yang Anda jalankan karena dinilai kredibel dengan menghadirkan konten yang bermanfaat dan berpengaruh. Dari sekian banyak pelaku usaha atau pemilik bisnis di Indonesia banyak yang menerapkan strategi content marketing untuk menjangkau audience. Berikut adalah daftar merek yang berhasil menggunakan strategi ini.

Eiger

Anda yang suka melakukan aktivitas luar ruangan dan membutuhkan perlengkapan yang tepat pasti sudah tidak asing lagi dengan merk Eiger. Bisnis perlengkapan aktivitas luar ruang Eiger berhasil meraih dua kategori "Penerapan Pemasaran Konten Terbaik Kategori Pakaian" dan "Pelaksanaan Pemasaran Konten Terbaik Tahun Ini" pada Indonesia Content Marketing Award (ICMA) tahun 2018. Apresiasi tersebut sepadan karena Eiger berhasil menerapkan strategi tersebut pemasaran konten konten yang dibuat untuk pemasaran suatu produk.

Eiger menunjukkan bahwa brand mereka mampu memaksimalkan berbagai platform website seperti eigeradventure.com, microsite theblackborneoexpedition.com, majalah digital eigeradventurenews.com, buletin, serta media sosial mereka. Konten yang dihadirkan juga tidak hanya tentang produk yang dijual. Konten berkualitas inilah yang berhasil menjaring audiens yang menjadi targetnya. Salah satu alasan banyak orang tertarik untuk membeli produk Eiger adalah karena merknya cerita dibuat menggunakan strategi pemasaran konten.

Anda juga bisa memeriksanya sendiri di situs resmi Eiger. Tak tanggung-tanggung, Eiger juga kerap mengajak artis dan musisi Indonesia untuk berkolaborasi. Salah satu konten yang banyak disukai penonton di website Eiger adalah bagian edukasi yang berisi segala macam aktivitas luar ruangan seperti berpetualang ke pegunungan atau melakukan ekspedisi di suatu daerah. Mereka pun tak luput dari produk Eiger di dalamnya.

Pocari Sweat

Baca:  Bridgerton Sukses, Rege-Jean Page Main Film ‘Dungeons & Dragons’

Pasti kamu sudah tau kan merk POCARI SWEAT? Merek minuman isotonik ini menyabet penghargaan "Penerapan Pemasaran Konten Terbaik dalam Industri Minuman" pada penghargaan "Indonesia Content Marketing Award" tahun 2018. Jika diamati dari tahun 2015, rekam jejak pemasaran konten Pocari Sweat telah melakukan penceritaan merek melalui video interaktif #KejarBiru. Pocari Sweat menyertakan informasi tentang cara melindungi ION selama puasa dan promosi produk isotonik POCARI SWEAT di dalam video.

Mereka juga aktif mengadakan acara seperti Sweat Dance Cover Competition 2018 untuk mewadahi bakat-bakat anak muda Indonesia dan mengajak mereka untuk berani berkeringat mewujudkan impiannya. Strategi pemasaran yang dilakukan tidak hanya sekedar menjual produk tetapi juga menciptakan rasa percaya pada konsumennya.

Royco

Royco memenangkan kategori “Penerapan Pemasaran Konten Terbaik dalam Industri Makanan” di ICMA 2018. Mereka berhasil menjangkau audiens yang umumnya wanita dan ibu rumah tangga, melalui strategi pemasaran di website. Royco membagikan berbagai resep melalui video demo memasak, tips dan trik memasak, hingga metode pengolahan bahan baku. Mereka secara tidak langsung memasukkan produk Royco di setiap konten.

Menarik banget kalau mencermati strategi content marketing yang diterapkan oleh sejumlah brand yang sudah disebutkan tadi? Anda bisa belajar pemasaran, lho! Yuk, belajar saja di IDS Education!

Postingan Merek Indonesia Sukses dengan Strategi Pemasaran Konten muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.