Catat! Ini 6 Tips Agar Desain Kamu Lebih Simple dan Clean

Catat! Ini 6 Tips Agar Desain Kamu Lebih Simple dan Clean

Sebenarnya ada banyak desain yang lebih sederhana dari yang mungkin Anda pikirkan. Salah satu contohnya adalah desain logo iPhone, dengan desain yang simpel dan rapi yang tidak terlalu kentara dengan kasat mata. Meski banyak filosofi yang bisa dijelaskan, tidak banyak orang yang tidak mengetahuinya. Mereka hanya akan tahu jika mereka ingin tahu. Nah, bagi desainer yang ingin membuat desain Anda terlihat lebih rapi, berikut 10 tips agar desain Anda terlihat lebih minimalis!

1. Sederhana tapi Lebih Baik

Desain sederhana bukan hanya memotong beberapa hal atau item di dalamnya. Tetapi desain sederhana yang baik harus dapat meningkatkan efektivitas desain secara keseluruhan. Kurangi hal-hal yang tidak perlu untuk mengembalikannya ke keadaan yang murni dan sederhana. Jika ada sesuatu yang penting yang membuat desain Anda terlihat kikuk atau tidak elegan, tugas Anda adalah menemukan cara untuk membuatnya berhasil, bukan menghilangkannya.

2. Bersikaplah Netral

Desain Anda harus memberikan cara mudah bagi penonton untuk memahami kontennya. Ingat, tujuan utama desain grafis dan desain web adalah untuk menyajikan konten, untuk menginformasikan orang lain tentang apa yang mereka cari dengan cara yang paling mudah.

3. Jujurlah

Desain Anda harus dapat mengkomunikasikan makna konten Anda dengan jelas dan jujur. Jika audiens Anda salah paham tentang apa yang ingin Anda sampaikan tentang konten atau produk Anda, maka desain Anda tidak jujur. Tidak ada trik yang diperlukan dalam hal ini, segala sesuatu tentang web, flyer, brosur atau poster, dari grafik hingga warna harus menyampaikan produk yang dijual atau informasi yang ingin Anda sampaikan.

4. Ciptakan Keabadian

Ada aturan tertentu yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain abadi, jangan sampai termakan oleh tren dan mode yang berubah dari waktu ke waktu. Beberapa dasar-dasar desain merupakan dasar yang cukup penting untuk menjadi acuan Anda dalam membuat desain. Semakin Anda mengikuti dasar-dasar dan aturan desain ini, desain Anda akan semakin klasik. Klasik bukan berarti membosankan atau ketinggalan jaman, perlu diingat bahwa gaya klasik tetap diproduksi setiap hari oleh kreasi desain profesional.

5. Teliti

Baca:  10+ Tips Membuat Foto Tajam dengan Lensa yang Ada

Bukan karena desain Anda sederhana dan lugas, Anda bisa ceroboh dalam detailnya. Ingat, dalam desain minimalis, desain akhir akan dilihat oleh penonton dan akan menonjolkan kekurangan pada karya Anda. Jadi pastikan untuk membuat desain Anda selengkap mungkin.

6. Buatlah seindah dan semenarik mungkin

Desain yang bagus haruslah desain yang cantik sekaligus berguna. Mengapa? Karena kualitas estetika suatu produk merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegunaannya yang digunakan setiap hari dan berdampak pada orang lain dan kesejahteraannya. Artinya, semakin Anda memperhatikan sesuatu, semakin besar pengaruhnya terhadap indra Anda.

Intinya adalah, Anda harus berpikir keras tentang apa yang harus Anda masukkan ke dalam desain Anda dan apa yang akan Anda lakukan dengannya. Ini mungkin bukan proses yang mudah, tetapi semakin Anda mencoba membuatnya, semakin Anda dapat menemukan mana yang cocok dan tidak.

Posting Catatan! Inilah 6 Tips Agar Desain Anda Lebih Simpel dan Bersih Muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.