Designer Harus Tahu! Apa Perbedaan Trademark dan Copyright?

Tahukah Anda perbedaan antara merek dagang dan hak cipta? Jika belum, maka kamu wajib simak penjelasan berikut ini! Merek dagang dan hak cipta adalah hal yang berbeda. Merek dagang mewakili merek atau produk Anda. Mulai dari nama, logo, hingga slogan adalah merek dagang. Sedangkan hak cipta adalah perlindungan bagi pencipta karya, baik itu penulis buku, pelukis, hingga desain yang dibuat oleh komputer. Untuk memastikan bahwa karya yang telah dibuat dilindungi, bekerjasamalah dengan pengacara hukum Anda untuk mendaftarkan karya Anda agar dilindungi oleh hak cipta.

SEBUAHapakah itu merek dagang?

Merek dagang adalah apa pun yang mewakili merek Anda di pasar. Merek dagang yang paling umum adalah kartu nama, nama produk, logo, dan slogan, tetapi bisa juga berupa hal lain seperti skema warna atau logo produk yang unik, suara, atau bau yang mungkin berpotensi menjadi merek dagang. Membuat merek dagang tidak selalu mudah, karena Anda ingin bisnis Anda menonjol di tengah keramaian, dan merek dagang yang terdaftar secara resmi dapat melakukannya. Setelah merek Anda terdaftar dan digunakan secara konsisten, merek yang Anda buat akan membantu membangun kesadaran merek, sehingga akan dikenal oleh pelanggan dan menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Bagaimana dengan hak cipta?

hak cipta Ini adalah alat yang hebat untuk melindungi kepengarangan. Baik untuk penulis, fotografer, pelukis, desainer, pembuat game, hingga website juga bisa mendapatkan perlindungan hak cipta atau hak cipta. Berbeda dengan merek dagang yang harus dilindungi oleh pemilik merek itu sendiri agar tidak dicuri atau disalahgunakan oleh orang lain, dan digunakan oleh orang lain yang menggunakan merek dagang yang dianggap serupa, hak cipta ini bekerja sebaliknya. hak cipta memberikan perlindungan terbatas pada karya persis atau replika serupa.

hak cipta tidak hanya akan melindungi konsep atau ide kreatif, tetapi lebih kepada bagaimana konsep atau ide tersebut diekspresikan. Misalnya, konsep lukisan tentang malam berbintang tidak mendapat perlindungan, namun Vincent van Gogh dikenal sebagai pemilik asli karya terkenal tersebut. Sebagai pemilik hak cipta, Anda memiliki hak eksklusif tertentu atas karya Anda. Anda berhak untuk memperbanyak, atau membuat karya tambahan berdasarkan karya aslinya.

Anda dapat dengan bebas mendistribusikan materi yang telah Anda peroleh hak cipta, dan Anda memiliki hak tunggal untuk mempresentasikan karya di depan umum, baik melalui tampilan atau pertunjukan. Anda memiliki otoritas untuk mentransfer hak ini kepada orang lain, tetapi pengguna yang tidak sah atau tidak sah hak cipta akan melanggar perlindungan hak cipta Anda.

Perlindungan hak cipta atau hak cipta dimulai saat Anda membuat karya, setelah Anda mendaftarkan karya Anda di kantor hak cipta, Anda harus ingat untuk menambahkan tag hak cipta dalam pekerjaanmu. Tanda ini cukup berguna untuk mematahkan semangat orang yang ingin menggunakan karya Anda secara bebas tanpa izin sebelumnya. Merek hak cipta umum biasanya terdiri dari hak cipta simbol "© " atau kata-kata "hak cipta". Kemudian nama pemiliknya hak cipta dan tahun karya itu diterbitkan.

Desainer Pos Harus Tahu! Apa perbedaan antara merek dagang dan hak cipta? muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.

Baca:  7 Plugin Adobe Illustrator Terbaik, Bikin Kerjaan Desainer Grafis Jadi Lebih Singkat