Digital Marketing Strategy: Bagaimana Cara Membuat Plan Terstuktur?

Digital Marketing Strategy: Bagaimana Cara Membuat Plan Terstuktur?
Teknologi saluran Omni bisnis ritel online. Pemasaran multisaluran pada platform jaringan media sosial menawarkan layanan saluran pembayaran internet, belanja ritel online, dan aplikasi digital omni.

Ada banyak cara untuk membuat rencana terstruktur untuk strategi pemasaran digital Anda. Selain itu, strategi pemasaran merupakan hal yang harus dimiliki perusahaan untuk menumbuhkan perkembangan penjualan produknya. Dalam dunia industri 4.0, digital marketing merupakan peluang untuk menarik perhatian dan menarik konsumen.

Lalu bagaimana cara membuat strategi digital marketing yang tepat dan terstruktur? Anda dapat menggunakan RACE Framework sebagai alat untuk mengembangkan strategi pemasaran Anda. RACE artinya Jangkau, Bertindak, Konversi dan Mengikutsertakan.

Gunakan strategi pemasaran yang terintegrasi untuk memberikan landasan yang kuat dalam semua aktivitas pemasaran Anda nantinya. Untuk dapat mencakup semua tempat dalam hidup siklus hidup pelanggan, kita bisa membuatnya seperti ini:

  • Rencana, menggunakan pendekatan berbasis data untuk meninjau keefektifan digital marketing, mulai dari analytics, KPO dashboards, dan SMART untuk dapat mengembangkan strategi yang memprioritaskan bagaimana Anda meningkatkan penjualan dengan menggunakan media digital marketing, teknologi hingga data.

  • Mencapai, bangun kesadaran akan perusahaan atau produk Anda menggunakan 6 teknik pemasaran online yang akan mendorong peningkatan pengunjung ke situs web.

  • Bertindak, Tingkatkan interaksi di situs web atau media sosial untuk membantu Anda menghasilkan prospek masa depan yang ingin Anda raih.

  • Mengubah, Lakukan penargetan ulang, pertahankan, dan tingkatkan tingkat konversi untuk mengingatkan dan membujuk audiens Anda agar membeli produk Anda secara online.

  • Mengikutsertakan, meningkatkan penjualan dari pelanggan yang sudah ada dengan meningkatkan komunikasi yang dipersonalisasi menggunakan web, email, dan pemasaran media sosial.

Anda dapat menggunakan RACE Framework untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Tips dan Trik Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang efektif, akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam menetapkan perusahaan di jalur kesuksesan. Pemilihan model strategi yang tepat sangat membantu dalam memberikan strategi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca:  Tutorial Membuat Animasi untuk Slides Power Point

Strategi pemasaran memberikan informasi tentang segala aktivitas pemasaran yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk membuat strategi digital marketing, Anda harus bisa mendapatkan informasi tentang riset yang sedang dilakukan terhadap perilaku konsumen dan aktivitas pasar. Mulai dari perantara, center hingga kompetitor. Anda harus membuat strategi berdasarkan tujuan masa depan dengan kontribusi dari saluran tempat pemasaran berlangsung, baik secara online maupun offline. Dalam penerapannya pasti akan berbeda, karena harus bisa mengelolanya dengan baik saluran yang digunakan untuk strategi pemasaran itu sendiri.

Untuk itu, strategi pemasaran digital harus dapat mengambil keputusan tentang bagaimana suatu perusahaan bertindak dalam memasarkan produknya. Mulai dari pembuatan saluran paling diinginkan dan mampu memenuhi target pasar. Sebagai seseorang yang bekerja di bidang strategi pemasaran digital, Anda juga harus dapat menentukan anggaran untuk akuisisi, konversi, retensi & pertumbuhan, dan layanan.

Selain itu, Anda juga harus bisa memberikan wawasan kepada perusahaan tentang keuntungan penggunaan tersebut saluran dalam memperkenalkan merek perusahaan. Jangan lupa juga buat target audience yang sesuai dengan channel yang akan Anda gunakan. Terkadang tidak semua khalayak sasaran dapat menjadi sasaran saluran yang sama.

Intinya, dalam membuat strategi digital marketing yang terstruktur harus dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang berlaku. Mulai dari riset, pembuatan strategi, prototyping hingga implementasi, semuanya harus sesuai urutan yang ditentukan.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang strategi pemasaran digital? Kamu bisa mengambilnya kursus penuh di Sekolah Desain Internasional!

Posting Strategi Pemasaran Digital: Bagaimana Membuat Rencana Terstruktur? muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.