Ini Nih yang Akan Menjadi Tren Digital Marketing Tahun 2021!

Ini Nih yang Akan Menjadi Tren Digital Marketing Tahun 2021!

Kita berada di zaman di mana semuanya online dan digital. Meski di tengah pandemi, tren, minat, dan kreativitas pelaku usaha di dunia pemasaran tidak mengalami penurunan. Maka tidak heran jika akan muncul tren terbaru khususnya dalam dunia digital marketing pada tahun 2021.

Jika demikian, tren apa yang akan muncul di tahun 2021? Ingin tahu? Yuk, simak prediksi tren digital marketing tahun 2021 di bawah ini!

  • Pemasaran AI

AI atau Kecerdasan buatan memang sedang digiatkan untuk diimplementasikan di berbagai perangkat yang ada. Kecerdasan buatan ini muncul dalam banyak cara dan manfaat di semua cabang bisnis dan pemasaran. Pelaku bisnis atau perusahaan menggunakan AI untuk meningkatkan arus komunikasi, melacak penjualan, menganalisis data, memprediksi pola perilaku untuk memproyeksikan minat pelanggan. Secara tidak langsung, AI Marketing sangat bermanfaat untuk memberikan ide-ide baru bagi tim marketing untuk proses perencanaan strategis terkini.

  • Konten Interaktif

Siapa tahu, pemasaran menggunakan konten memang lebih sering menjadi sorotan ketimbang promosi biasa. Dengan konten interaktif seperti video 360 derajat yang bisa digunakan menggunakan AR / VR, polling, quiz, endorsement seseorang yang layak dan sesuai dengan target pasar produk bisa meningkat kesadaran merek terlalu keterlibatan merek. Dengan banyaknya konten terutama seperti kuis atau polling yang bisa dilakukan di media sosial atau website, akan membuat banyak pengguna betah berlama-lama untuk memantau akun media sosial bisnis Anda atau di website perusahaan.

  • SEO Gambar dan Video Untuk Pencarian Visual

Perkembangan zaman semakin majunya, kali ini anda tidak perlu mengetikkan kata kunci untuk bisa menemukan gambar dan video yang anda cari. Sekarang Anda dapat mencari gambar, dengan memasukkan gambar ke mesin pencari. Karena semakin banyak pengguna yang menggunakan visual untuk pencarian, bukan tidak mungkin di tahun 2021 Anda bisa melakukan pencarian menggunakan video juga.

  • Pencarian suara
Baca:  Gak Nanggung-nanggung! Ini Perjuangan Seorang Aktor Demi Filmnya

Pencarian suara sudah menjadi trend saat ini. Meski begitu The Digital meluncurkan fitur itu pencarian suara Hal ini akan dimanfaatkan secara maksimal dan menjadi trend digital marketing di tahun 2021. Karena semakin banyak pengguna yang dimanjakan dengan browsing internet menggunakan cara ini. Selain itu, ketertarikan untuk membeli perangkat yang memiliki fitur bebas genggam dan pintar rumah sekarang juga semakin tinggi

  • Segmen Konsumen

Ini mungkin bukan sesuatu yang baru, tetapi segmen ini adalah sesuatu yang baru-baru ini menjadi populer. Itu ide yang sederhana, daripada membuat promo besar-besaran untuk menargetkan khalayak umum, lebih baik membuat promosi kecil dalam jumlah besar yang ditargetkan pada khalayak tertentu. Membuat segmen konsumen berarti Anda membuat grup untuk audiens target Anda berdasarkan kebiasaan, demografi, usia, kelompok, atau cara berbelanja mereka. Ini akan membuat Anda lebih akurat memahami konten apa yang sesuai dengan preferensi mereka.

Misalnya, saat Anda membuat pemasaran email, Anda dapat mengklasifikasikan informasi yang Anda dapatkan dan membuat daftarnya. Kemudian Anda dapat mengirim pesan berbeda dengan promosi produk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Anda bahkan dapat memberikan diskon atau bonus yang berbeda untuk setiap grup.

Postingan Ini Akan Menjadi Tren Pemasaran Digital di 2021! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.