Jenis & Contoh Digital Marketing agar Bisnis Makin Berkembang

Jenis & Contoh Digital Marketing agar Bisnis Makin Berkembang

Siapapun sudah tahu bahwa kita benar-benar memasuki era digital dimana hampir semua sektor menggunakan digital. Begitu juga dengan dunia pemasaran, walaupun pemasaran digital bukanlah sesuatu yang baru, namun cara pemasaran seperti ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis Anda di era internet ini.

Sederhananya, digital marketing adalah suatu metode atau teknik pemasaran dan promosi dengan memanfaatkan media digital ke internet sebagai saluran untuk meningkatkan kesadaran dari calon pembeli untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan menggunakan digital marketing sebenarnya memiliki banyak keunggulan dan cakupan yang luas. Karena selain mudah menyebar, pemasaran melalui digital marketing pun bisa menyebar di luar target audiens yang dibuat. Sehingga cakupan pemasaran produk lebih luas.

Lantas apa saja jenis dan contoh digital marketing yang umum digunakan? Simak jawabannya di bawah ini!

  • Pemasaran media sosial

Bukan rahasia lagi kalau ingin memasarkan produk atau jasa, paling cepat lewat sosial media. Karena siapa yang tidak punya media sosial sekarang? Dengan semakin banyaknya pengguna internet dan media sosial, serta banyaknya platform media sosial yang ada membuat distribusi pemasaran suatu produk atau jasa semakin mudah. Anda dapat mengoptimalkan semua platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Linkedin, dan lainnya untuk memasarkan produk dan layanan Anda.

  • Email Pemasaran

Salah satu pemasaran digital yang paling menguntungkan adalah pemasaran email. Mengapa demikian? karena dengan email marketing Anda bisa mendapatkan data langsung dari calon pelanggan dan pelanggan serta bisa mengirimkan pesan sesuai dengan karakteristiknya. Sehingga mempromosikan suatu produk atau jasa melalui email sebenarnya lebih baik, karena pelanggan akan merasa lebih terhubung dan merasa bahwa perusahaan Anda diperhatikan secara pribadi. Ini karena ada fitur dalam email marketing yang memungkinkan Anda mengirim email dengan nama mereka.

  • Bayar Per Klik (PPC)

Inilah salah satu digital marketing yang populer di dunia periklanan. PC dapat membantu meningkatkan penjualan dan SEO meningkat lalu lintas agar website Anda bisa menjadi yang teratas di mesin pencari. Anda juga dapat menargetkan konsumen yang lebih relevan, ROI lebih besar, hasil lebih cepat, dan anggaran lebih terkontrol. Anda bisa menggunakan PPC di Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya.

  • Pemasaran Video
Baca:  Panduan Menganalisa Pasar, Target Pasar, dan Kompetisi bagi Startup

Pernahkah Anda melihat video profil perusahaan? Ya, itulah salah satu contoh pemasaran video. Anda dapat membuat video kreatif untuk mempromosikan produk, layanan, atau perusahaan Anda. Video ini bisa dalam format 2D atau 3D tergantung kreativitas masing-masing. Dalam video yang dibuat akan menyampaikan informasi tentang merek, produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu bisa juga dibuat dengan masukan mulai dari history, pencapaian, bagaimana produk dibuat, proses pengolahan layanan yang diberikan, menjelaskan cara kerja produk dan aplikasinya, testimoni pelanggan hingga review orang tentang bisnis Anda.

  • Mesin pencari Marketing

SEM (Search Engine Marketing) memiliki dua kategori. Kategori pertama adalah SEO yang relatif murah dan bisa dikerjakan sendiri walaupun membutuhkan keahlian khusus seperti jago menulis konten artikel, jago analisa dan lain-lain. Untuk yang non organik ada SEM walaupun berbayar tapi jika memilih menggunakan SEM akan dengan mudah berada di posisi teratas. mesin pencari Google.

Ingin berkarir sebagai pemasar digital? Mari kita ikuti kelas pemasaran digital di IDS Education!

Jenis posting & Contoh Pemasaran Digital untuk Mengembangkan Bisnis muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.