Jenis-Jenis Filter Lensa Kamera Yang Sering Digunakan

Jenis Filter Lensa

Sewa Kamera di Yogyakarta – DIYKamera
Sewa Kamera di Yogyakarta – DIYKamera – Sewa Kamera Murah di Yogyakarta

Jenis Filter Lensa

DIYKamera.com – Dalam penggunaan kamera DSLR dan Mirrorless, seringkali kita memiliki banyak koleksi lensa. Bisa berupa lensa lebar, telefoto, atau lensa tetap. Di masing-masing lensa ini, kita sering mengaplikasikan filter pada bagian depan lensa. Biasanya untuk menjaga bagian kaca lensa tetap halus dan terhindar dari goresan, baik goresan dari benda keras bahkan goresan dari debu lembut.

Meski filter kerap dipasang untuk menjaga kesehatan lensa, namun fungsi filter tidak hanya itu, lho. Dan ternyata filter kamera itu banyak sekali jenisnya. Apa jenis filter lensa yang biasanya digunakan fotografer? Kamera DIY berikut menyediakan beberapa jenis lensa yang biasa digunakan oleh fotografer profesional.

Filter Lensa Tipe 1

1. Perlindungan dan filter UV

Fotografer profesional menggunakan filter ini untuk melindungi lensa dari gesekan, benturan, debu, kelembapan, dan sebagainya. Debu dan kotoran akan berhenti di filter saja, jangan masuk ke kaca lensa. Oleh karena itu untuk membersihkan kotoran tinggal membersihkan bagian filternya saja.

Namun kenyataannya, fungsi proteksi ini bisa diganti dengan filter UV. Jenis filter ini mengurangi efek sinar ultraviolet pada foto (yang menyebabkan gambar tampak seperti warna berkabut dan kebiruan), tanpa mengurangi cahaya yang masuk.

2. Filter Polarizer

Apa yang istimewa dari filter jenis ini? Kemampuan filter polarisasi adalah membuat gambar langit tampak lebih biru, sehingga menghasilkan gambar yang lebih eksotis. Filter polarizer juga dapat digunakan untuk mengurangi intensitas pantulan pada air atau kaca. Karenanya filter ini sering dipilih untuk membidik lanskap.

3. Filter Kepadatan Netral

Filter ND dapat mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke lensa. Fotografer profesional sering menggunakan filter ini untuk menciptakan efek berkabut dan buram, atau untuk mengurangi risiko eksposur berlebih saat menggunakan apertur lebar dalam cahaya terang.

Baca:  Sewa Webcam Jogja

4. Filter ND (Graduated Neutral Density)

Filter ND Grad memiliki dua bagian terang dan gelap, umumnya berbentuk kotak. Sebagai catatan, untuk filter ND Grad yang berbentuk kotak diperlukan holder khusus. Filter ini biasanya digunakan oleh fotografer lanskap profesional untuk menghasilkan cahaya yang seimbang di sisi atas dan bawah. Sisi atas pada umumnya adalah langit umumnya lebih terang dibandingkan sisi bawah yang berupa dataran atau bangunan yang umumnya memiliki intensitas cahaya yang lebih rendah. Menggunakan filter ini akan menyeimbangkan intensitas cahaya yang masuk ke lensa.

5. Filter Efek

Untuk jenis efek filter ini ada banyak jenisnya. Jenis yang paling umum adalah filter bintang untuk menunjukkan ujung bintang pada cahaya, filter IR untuk membuat foto inframerah, dan filter lembut.

Itulah jenis-jenis filter lensa kamera yang sering digunakan oleh para fotografer profesional untuk berbagai keperluan tertentu. Semoga bisa menambah ilmu anda. Jangan lupa baca artikel lainnya.

Postingan Jenis Filter Lensa Kamera yang Sering Digunakan muncul pertama kali di Rental Kamera di Yogyakarta – DIYKamera.