Kamu Harus Tahu Pentingnya Pemilihan Warna dalam Desain!

Kamu Harus Tahu Pentingnya Pemilihan Warna dalam Desain!

Warna merupakan elemen penting dalam desain grafis. Warna dianggap mampu merepresentasikan emosi dari karya yang dibuat sehingga pesan dapat tersampaikan oleh penonton. Seorang desainer setidaknya harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang teori warna. Misal, warna bisa dianalogikan dengan hal-hal kecil, seperti awan bisa diartikan luas dan biru muda, matahari identik dengan terang dan kuning, api sering dikaitkan dengan merah, dan sebagainya. Inilah mengapa Anda harus mengetahui pentingnya warna dalam desain.

Warna merupakan elemen penting dalam desain

Warna dapat mempengaruhi suatu desain karena dapat membuat sesuatu yang tidak indah menjadi lebih artistik dan lain sebagainya. Ini karena lebih mudah bagi kita untuk menyerap sesuatu melalui atau dalam bentuk visual dan warna memiliki peran disana. Setiap warna memiliki arti masing-masing dan setiap warna juga bisa mewakili pesan yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, sebagai seorang desainer, Anda perlu berhati-hati saat memilih warna.

Pada dasarnya, warna bisa mengubah cara kita berpikir tentangnya. Saat Anda memperhatikan warna tertentu, Anda mungkin akan terbiasa bahwa warna-warna ini dapat memberikan efek menenangkan pada mata atau pikiran, dan sebagainya. Warna yang tepat juga akan memberikan kesan yang baik pada desain yang dibuat. Selain itu, penting juga untuk menggunakan warna yang dapat merepresentasikan desain yang sedang dibuat.

Arti Penggunaan Warna

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa pengertian warna dan kegunaannya.

  • Merah

Merah sering dikaitkan dengan gairah, gairah, energi, dan amarah. Ini juga merupakan warna primer yang biasanya mendominasi. Tapi, bisa juga digunakan untuk merangsang nafsu makan. Tak heran jika banyak merek besar seperti MCD dan KFC menggunakan warna merah yang lebih dominan. Jika ingin desain yang menonjol, warna merah bisa menjadi pilihan karena bisa menarik perhatian.

  • jeruk
Baca:  Wow, Ternyata 8 Artis Ini Pernah Jadi Pengisi Suara di Film Animasi Loh!

Termasuk sebagai warna sekunder, oranye bisa memberikan kehangatan lebih antara merah dan kuning. Oranye juga dianggap sebagai warna energik yang dapat meningkatkan kesehatan dan vitalitas. Karena itu, Anda sering melihat warna oranye dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan seperti vitamin C atau buah jeruk. Anda bisa menggunakan warna ini jika ingin membuat desainnya sedikit berbeda atau terlihat lebih kreatif.

  • Kuning

Kuning adalah warna cerah yang artinya bahagia, penuh harapan dan positif. Sama seperti merah, kuning cerah juga bisa menarik perhatian banyak orang. Kuning pucat bisa terlihat alami dan sehat, sedangkan kuning fluorescent bisa diartikan sebagai buatan.

  • hijau

Umumnya hijau sering dikaitkan dengan alam, rumput, tumbuhan atau pepohonan. Warna ini juga mewakili pembaruan. Hijau adalah warna yang populer, Anda bisa melihat merek-merek terkenal yang memiliki corak hijau seperti Starbucks atau Spotify.

  • Biru

Sering digunakan dalam logo bisnis, biru adalah warna kalem yang mewakili kecerdasan dan tanggung jawab. Biru banyak digunakan di institusi perusahaan terpercaya. Karena warna tersebut secara umum bisa disukai oleh berbagai jenis kelamin, maka warna ini merupakan warna yang aman digunakan.

Itulah sederet warna yang memiliki arti dan kegunaannya untuk dituangkan ke dalam desain. Pemilihan warna yang tepat akan mampu merepresentasikan pesan, emosi, dan mood desainer kepada pembaca. Jika Anda ingin belajar banyak tentang desain, kunjungi saja IDS Education! Menjadi desainer grafis profesional!

Postingan yang Harus Anda Ketahui Pentingnya Pemilihan Warna dalam Desain! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.