Mengetahui Performa Digital Marketing dengan Menghitung Customer Acquisition Cost

Mengetahui Performa Digital Marketing dengan Menghitung Customer Acquisition Cost

Salah satu keunggulan digital marketing adalah kinerja yang dapat diukur dan salah satu parameter yang digunakan untuk mengukurnya adalah Cost Akuisisi Pelanggan (CAC). Dengan memahami CAC ini, Anda dapat mengetahui kinerja digital marketing yang sudah berjalan untuk menjadi bahan evaluasi dan perencanaan strategi selanjutnya. Untuk lebih mengenal CAC lebih dalam, Anda bisa membaca ulasan berikut ini.

Definisi Biaya Akuisisi Pelanggan

CAC atau Customer Acquisition Cost adalah perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Pada dasarnya, CAC dapat dihitung dengan membagi semua biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan (biaya pemasaran) dengan jumlah pelanggan yang diperoleh selama masa promosi.

Contoh sederhananya adalah ketika klien atau perusahaan menghabiskan Rp 300.000.000 untuk pemasaran dalam satu tahun dan mendapatkan 300.000 pelanggan dalam satu tahun itu, CAC mereka adalah Rp1.000.

Dengan mengetahui hal ini, investor atau klien akan melihat berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menarik dan membawa konsumen ke perusahaannya.

Mengapa Harus Biaya Akuisisi Pelanggan?

Penggunaan CAC berarti menunjukkan bahwa perusahaan sedang mengoptimalkan pengeluarannya untuk mendapatkan konsumen terutama dalam hal pemasaran. Lebih penting lagi, ini bisa menjadi tolak ukur untuk mengukur kinerja divisi pemasaran.

Jika sebuah perusahaan mampu menekan biaya investasi yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan dan mampu melakukannya, maka kinerja tim pemasarannya bagus karena memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Namun, ini berarti jika biaya yang dikeluarkan lebih besar dari yang diperoleh, dapat dipastikan ada yang salah dalam strategi pemasaran Anda.

Lantas, Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja Biaya Akuisisi Pelanggan?

Seperti strategi pemasaran lainnya, ada proses pengujian skala kecil dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan strategi. Setelah itu dilakukan evaluasi untuk memperbaiki strategi tersebut nantinya. Anda dapat membaca beberapa parameter yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja sebagai bahan evaluasi.

  • Tingkatkan Metrik Konversi di situs

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah berimprovisasi penyiapan situs web dan meningkatkan UX / UI. Seperti mencoba sistemnya checkout baru untuk mengurangi barang yang tertinggal di keranjang belanja. Atau optimalkan pendaratan Anda halaman, kecepatan situs, pengoptimalan seluler dan faktor lain untuk meningkatkan kinerja situs web.

  • Tingkatkan Nilai Pengguna

Maksud dari nilai pengguna disini adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang menyenangkan konsumen. Seperti penyempurnaan fitur, kualitas tambahan yang diinginkan pengguna atau konsumen.

Dengan memberi atau menawarkan sesuatu sesuai dengan keinginan dan minat konsumen dalam meningkatkan produk merupakan cara yang baik untuk mendapatkan keuntungan dari pelanggan setia atau pelanggan yang telah membeli produk Anda sebelumnya. Karena mengikuti kritik dan saran mereka berarti telah membangun kepercayaan dan membangun hubungan yang positif dengan konsumen.

Postingan Mengetahui Kinerja Pemasaran Digital dengan Menghitung Biaya Akuisisi Pelanggan muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.

Baca:  Detective Conan:The Scarlet Bullet Akan Hadir April 2021