Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung, Begini Dampaknya Bagi Dunia Marketing

Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung, Begini Dampaknya Bagi Dunia Marketing

Proses pemasarannya dirasa agak sulit saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Keadaan ekonomi global sulit diprediksi. Sebagai pemasar, Anda harus mempersiapkan langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Perilaku pelanggan serta dampaknya pada industri individu adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan. Jika hal ini tidak dibarengi dengan penglihatan yang jelas maka akan sulit untuk melihat hasilnya. Apa dampak pandemi terhadap dunia pemasaran? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat rangkuman informasinya berikut ini.

Perubahan Perilaku Pelanggan

Kerja terpencil atau jarak yang jauh membuat setiap individu menghabiskan banyak waktu di rumah. Tidak jarang mereka lebih sering berselancar di media sosial. Dampaknya sebenarnya bagus untuk pemasaran digital. Apalagi dalam menjalankan bisnis di dunia online seperti Swiggy, Amazon, dan lain-lain. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala.

Pandemi tersebut justru membuat masyarakat mengurangi pengeluarannya untuk menghindari perlambatan ekonomi yang mungkin terjadi di masa mendatang, terutama dalam waktu dekat. Kendala ini menjadi tantangan bagi para pemasar. Dengan melakukan analisis yang tepat, Anda dapat memprediksi dan mengetahui kebiasaan pembeli atau target dan melakukan penyesuaian pengeluaran untuk pemasaran. Langkah ini bisa dikatakan sebagai kunci bagi dunia pemasaran untuk terus berjalan.

Dampak Pandemi pada Seluruh Industri

Banyak acara dan konferensi besar dibatalkan karena pembatasan jarak sosial atau jarak sosial. Faktor ini mempengaruhi keadaan bisnis di dalam dan di sekitar ruang lingkup sejumlah industri. Mall, bioskop, hingga tempat hiburan pun merasakan efeknya.

Belum lagi adanya regulasi angkutan yang ketat baik di dalam kota, antar negara maupun internasional. Pembatasan yang ditetapkan membuat penyedia layanan seperti Uber, Airbnb, dan transportasi umum seperti pesawat tersesat.

Baca:  5 Tahap Proses “Design Thinking” yang Wajib Dikuasai Desainer

Tidak hanya itu, keterlambatan pengiriman di Eurasia Market dan negara terdampak lainnya akan berdampak pada perusahaan berbasis supply chain. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat perkiraan terkait persediaan produk dan kebutuhan produksi di masa yang akan datang, terutama untuk beberapa bulan ke depan.

Membuat Pemasaran Beradaptasi

Selain itu, pemasar harus mampu beradaptasi dalam segala situasi. Cara agar tetap bertahan bisa dengan mengikuti tren terkini, menambah wawasan, dan terus mempelajari perilaku pasar. Mereka harus mengubah strategi dan mendekati media digital.

Menampilkan iklan yang berhasil menarik simpati banyak orang menjadi faktor penting bagi brand dalam jangka panjang. Dengan demikian, pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya dapat menempatkan loyalitas dan kepercayaan pada merek.

Meski dampak Covid-19 belum bisa diukur sepenuhnya, namun perlu dilakukan pengamatan yang cermat terkait dinamika perilaku konsumen dan konsekuensi dari masing-masing industri. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan informasi tentang hasil serta peluang yang tersedia.

Hingga saat ini, dampak pandemi Covid-19 membuat perekonomian global sulit diprediksi ke depan. Bagi seorang digital marketing seseorang perlu menambah wawasan, belajar beradaptasi, dan mengubah strategi agar perusahaan bisa bertahan.

Ilmu pemasaran bisa kamu dapatkan melalui Digital Marketing Short Course dari IDS Education, lho. Program kursus singkat ini akan mengajari Anda cara membuat strategi yang kompleks agar penyampaian pesan di platform digital dapat diterima dengan baik. Tunggu apalagi, daftarkan dirimu sekarang juga ya!

Postingan Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung, Begini Dampaknya di Dunia Pemasaran Muncul Pertama Kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.