Penting Tahu Istilah Ini Dalam Desain Grafis

Penting Tahu Istilah Ini Dalam Desain Grafis

Saat ini profesi desainer grafis semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Anda yang tertarik dengan dunia desain, bisa belajar dari sekarang. Menjadi seorang desainer grafis harus mampu menguasai software yang digunakan. Tidak hanya itu, Anda bahkan perlu mempelajari istilah-istilah yang sering muncul di dunia desain. Apa pun? Segera cari tahu, yuk!

  • Raster dan Vektor

Gambar raster atau disebut juga bitmap terbentuk dari kumpulan piksel atau titik yang disusun menjadi warna dan bentuk tertentu. Dua software yang sering digunakan untuk membuat raster yaitu Photoshop dan GIMP. Anda dapat memanipulasi warna dan mengubah properti piksel. Namun, kekurangannya terletak pada jumlah piksel yang terbatas. Jadi, jika ingin memperbesar foto berukuran kecil, kualitasnya juga akan menurun.

Istilah lain yang sering muncul adalah gambar vektor. Gambar terdiri dari titik-titik (titik), yang masing-masing ditentukan oleh koordinat X dan Y. Anda dapat mengisi kumpulan poin dengan warna. Ukurannya bisa diubah sesuai keinginan tanpa mengurangi kualitas. Beberapa software yang umum digunakan, seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, dan Inkscape, sangat direkomendasikan untuk membuat logo atau ilustrasi grafik lainnya.

  • CMYK dan RGB

CMYK adalah singkatan dari Cyan Magenta Yellow Black. Ini adalah warna standar desain yang akan dikirim ke proses cetak atau printer. Sedangkan RGB adalah singkatan dari Red, Green, Blue, yang merupakan warna khas yang digunakan untuk tampilan monitor. CMYK memiliki gamut warna terbatas daripada RGB. Ini akan menimbulkan risiko kehilangan warna saat mengubah warna RGB ke CMYK.

  • DPI dan PPI

DPI dan PPI adalah syarat untuk resolusi. DPI atau Dots Per Inch mengacu pada jumlah titik per inci per halaman yang dicetak. Semakin banyak jumlahnya, semakin baik kualitasnya. Standar yang digunakan untuk mencetak biasanya 300 DPI. Selanjutnya ada PPI atau Pixels Per Inch, yang mengacu pada jumlah piksel per inci dalam sebuah gambar. Perlu diingat, resolusi hanya berlaku untuk gambar bitmap.

  • Kotak
Baca:  Gak Nanggung-nanggung! Ini Perjuangan Seorang Aktor Demi Filmnya

Saat menjalankan software desain grafis, tidak jarang Anda menemukan grid. Maksud dari grid adalah rangkaian garis vertikal dan horizontal yang berpotongan yang berguna untuk menyusun dan membuat kerangka desain. Perangkat lunak seperti Illustrator, Photoshop atau Coreldraw memiliki cara sendiri untuk menampilkan kisi-kisi.

  • Tipografi

Tipografi sudah menjadi pengetahuan dasar bagi seorang desainer grafis. Desainer harus memahami tipografi serif dan sans-serif, menyesuaikan kerning, ukuran font, dan banyak lagi. Sebelum membuat desain, Anda harus memahami font mana yang cocok dan ukuran apa yang harus disertakan pada gambar.

  • Logo dan Merek

Logo termasuk karya desain grafis yang memiliki karakter kuat. Logo menjadi pengingat atau gambar dari perusahaan dan bahkan produk tertentu. Logo yang bagus akan bertahan lama (abadi) dan mudah menempel di benak banyak orang meski ukurannya kecil.

Nah, ternyata logo itu berbeda dengan merek. Logo adalah salah satu komponen dalam proses branding. Branding memiliki arti yang lebih luas. Identitas merek yang baik harus dibangun dengan hati-hati dan logo harus mencerminkan merek itu sendiri. Sehingga dibutuhkan ide orisinal, pemikiran yang matang, dan eksekusi yang maksimal saat mendesainnya.

Anda harus memahami beberapa istilah dasar jika ingin terjun ke dunia desain grafis. Bagi yang tidak paham apapun jangan minder. Ikuti saja program Digital Design College dari IDS Education atau bergabunglah kursus pendek-nya. Di sini, Anda akan mempelajari semua tentang desain. Ayo asah bakatmu agar bisa menjadi desainer profesional!

Postingan Penting Mengetahui Istilah Ini dalam Desain Grafis muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.