Penting Tidak Sih Pakai KOL untuk Brand-mu. Yuk, Cari Tahu di Sini!

Penting Tidak Sih Pakai KOL untuk Brand-mu. Yuk, Cari Tahu di Sini!

"Bukankah penting bagi KOL untuk memasarkan merek kita?"

Seringkali pertanyaan ini muncul dalam dunia digital marketing, terutama bagi Anda yang baru memulai atau baru memulai bisnis. Namun sebelum anda mengetahui jawabannya, apakah anda sudah paham benar apa itu KOL? Jika belum, yuk cari tahu jawabannya di sini!

KOL (Pemimpin Opini Utama), adalah seseorang yang ahli di bidang tertentu sehingga pendapatnya sering dianggap valid. KOL biasanya adalah orang yang dipilih karena keputusannya yang dapat dipercaya oleh komunitas secara luas.

Jadi, apa hubungannya ini dengan pemasaran merek?

Jadi mari kita bahas lebih detail. Dalam dunia digital marketing, KOL di sini berarti orang atau organisasi yang memiliki pengetahuan dan pengaruh terhadap suatu produk sesuai bidangnya masing-masing. Artinya KOL memiliki kekuatan yang lebih penting dari pada media massa dalam dunia pemasaran.

Mengapa demikian? Itu karena mereka mampu menjalin silaturahmi dengan audiens perusahaan melalui aktivitas rutin. Ada banyak macam orang yang bisa dikategorikan KOL, tergantung profesinya. Mereka adalah para profesor dari universitas ternama, ahli kulit, ahli politik, ahli makanan, ahli iklim, dokter, desainer, bahkan tokoh masyarakat yang aktif di media sosial, televisi atau radio.

Mengapa mereka disebut KOL, karena mereka mampu membangun reputasi tersebut. Berdasarkan keahlian dan pengalaman yang membuat mereka menjadi panutan dan dihargai oleh orang lain. Karenanya, KOL sangat cocok jika ingin membangun brand awareness.

KOL tidak influencer. Jika influencer luangkan waktu untuk memasarkan sesuatu, memberikan testimonial, memberikan hiburan, dan meningkatkan kesadaran dari sekian banyak pengikut mereka. KOL adalah orang yang dapat memasarkan suatu merek atau produk tanpa terlihat seperti sedang memasarkannya.

Berbekal kualitas, pengetahuan, pengalaman dan status yang mereka miliki, mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk membangun jaringan agar dipercaya orang. Sebaliknya, orang akan memandang mereka untuk memvalidasi sesuatu. Mereka tidak harus membuat postingan yang sempurna di media sosial untuk meyakinkan orang. Meski mereka juga bisa menggunakan media sosial untuk menyampaikan pendapatnya, biasanya media sosial bukanlah platform prioritas KOL.

Dalam industri pemasaran, KOL biasanya digunakan untuk memasarkan brand yang bergerak di bidang kesehatan, kedokteran, life science, alat kesehatan, uji klinis, pendidikan, fitnes, makanan, fashion, gaya hidup dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, KOLmempengaruhi influencer, dan influencer lihat KOL sebagai pemimpin ahli dalam sesuatu. Lalu apa keuntungan menggunakan KOL untuk pemasaran merek Anda?

Baca:  Mengenal Film Grain, Apa Sebab dan Efeknya?

Jadi penelitian menunjukkan bahwa rekomendasi dari KOL hingga 50 kali lebih mungkin membuat seseorang membeli produk daripada influencer biasa. Terlebih, influencer yang menggunakan KOL sebagai basis untuk mempromosikan sesuatu memberikan hasil yang lebih besar dalam kesadaran merek dan pembelian produk dibandingkan dengan influencer yang hanya mempromosikan produk dengan cara biasa.

Tidak hanya itu, pemasaran menggunakan KOL juga lebih ampuh, cepat, dan murah untuk meningkatkan penjualan dibandingkan dengan menggunakan iklan tradisional. Bagaimana, tertarik menggunakan KOL sebagai salah satu mata kuliah marketing Anda? Jika demikian, Anda dapat menemukan KOL yang sesuai dengan kebutuhan merek Anda, membangun kredibilitas, dan menjangkau audiens target Anda dengan tepat. Rasakan kehebatan promosi menggunakan WOM (word of mouth) dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness perusahaan Anda!

Postingan Penting Untuk Tidak Menggunakan KOL untuk Merek Anda. Yuk cari tahu di sini! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.