PSBB Berlanjut, Ini 5 Cara Efektif Menambah Income Filmmaker!

PSBB Berlanjut, Ini 5 Cara Efektif Menambah Income Filmmaker!

Pandemi Corona yang belum tuntas telah melumpuhkan berbagai sektor, baik ekonomi maupun hiburan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Pengusaha industri film rela kehilangan potensi pendapatan karena penutupan bioskop.

Apalagi, pemerintah mengambil langkah untuk kembali menerapkan PSBB, meski beberapa pihak menilai sudah saatnya bioskop dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan. Sineas merasa bingung karena tidak bisa produktif seperti biasanya. Namun, di tengah pandemi ini, masih ada solusi untuk tetap bekerja.

1. Youtube

Pembuat film harus pandai memanfaatkan situasi. Buat kamu yang hobi bikin film pendek tetap bisa berkreasi, kok! Gunakan berbagai platform media sosial yang ada, termasuk Youtube untuk memamerkan dan mempromosikan karya Anda. Tercatat, di platform Youtube ada 5 miliar orang yang menontonnya per hari. Tentunya ini menjadi kesempatan besar bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dengan membuat video.

Untungnya, pada masa karantina atau PSBB seperti ini, masih banyak sineas yang membagikan film pendeknya untuk Anda tonton dan jadikan referensi. Bahkan deretan film yang disuguhkan tidak kalah dengan film bioskop, lho. Cara menarik perhatian penonton adalah dengan membuat film dengan visual dan ide cerita yang unik sebanyak-banyaknya. Jika memungkinkan, usahakan untuk berkolaborasi dengan YouTuber atau aktris agar bisa meningkatkan jumlah penonton.

2. Buka Kelas Tentang Film Online

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan selama PSBB adalah dengan membuka kelas tentang film secara online. Kelas online saja memungkinkan Anda untuk mengajar dengan sedikit usaha dan biaya tetapi dapat memperoleh penghasilan tak terbatas dari orang-orang yang juga tertarik untuk mengambil kelas Anda. Jumlah peserta tidak terbatas dan bisa berasal dari berbagai daerah.

Dengan aplikasi meeting online, seperti Zoom, Skype, Google Meet, dan lainnya, Anda bisa mengadakan kelas. Sebelum memulai, persiapkan baik-baik tema apa yang ingin Anda tampilkan, sertakan informasi pendaftaran terkait kelas, dan jangan lupa promosikan di media sosial Anda.

3. Menjual Layanan Video Untuk Bisnis

Baca:  3 Cara Dapat Klik Tanpa Clickbait

Anda tidak hanya bekerja melalui Youtube, tetapi Anda juga dapat menjual layanan video untuk tujuan komersial. Video komersial berisi konten iklan untuk mendorong konsumen melakukan pembelian. Biasanya durasinya pendek dan kurang dari 30 detik, tergantung permintaan dan kebutuhan klien.

Video yang dibuat bisa bermacam-macam tema, mulai dari yang melontarkan pertanyaan seputar makanan, interior, atau Profil Perusahaan. Tidak sedikit dari perusahaan yang sangat membutuhkan jasa untuk membuat video komersial. Unsur yang harus diperhatikan adalah membuat alur cerita atau sketsa untuk mendeskripsikan konten sebelum memulai pengambilan gambar. Gunakan peralatan yang memadai agar hasil terlihat profesional.

4. Mendukung Barter

Memiliki follower yang banyak di media sosial memiliki kelebihan tersendiri. Anda juga dapat membuka layanan endorsement untuk berbagai produk. Tidak hanya mendapatkan keuntungan materi, Anda juga berkesempatan untuk mencoba item yang sedang dipromosikan melalui media sosial, baik itu Facebook, Twitter, maupun Instagram. Dalam mendukung, Anda juga harus membuat konten yang menarik. Sebuah video dengan tampilan yang menarik akan menarik perhatian calon konsumen.

5. Pekerja lepas

Cara mendapatkan penghasilan tambahan selama PSBB adalah dengan menjadi freelancer. Saat ini banyak sekali website yang menyediakan pekerjaan freelance dalam berbagai bidang yang sesuai dengan keahlian seperti pembuat film / videomaker, penulis konten, desainer grafis, dan lain sebagainya. Sejumlah website populer yang bisa Anda kunjungi, di antaranya Fiverr, Sribulancer, Upwork, Jobstreet, dan lainnya. Jika Anda berhasil mendapatkan klien melalui situs ini, Anda bisa mendapatkan bayaran mulai dari USD 5-100 untuk satu proyek. Tertarik mencobanya?

Postingan PSBB Berlanjut, Inilah 5 Cara Efektif Meningkatkan Pendapatan Sineas! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.