Sedang Mendalami Desain? Berikut 5 Elemen Dasar Desain Grafis yang Wajib Kamu Tahu

Sedang Mendalami Desain? Berikut 5 Elemen Dasar Desain Grafis yang Wajib Kamu Tahu

Dalam membuat sebuah desain, setidaknya Anda harus memahami elemen dasarnya. Ini adalah salah satu faktor terpenting dalam mendesain sebuah desain. Karena unsur tersebut termasuk sebagai identitas visual yang berfungsi untuk mengkomunikasikan pesan, makna, kesan tentang karya yang Anda buat kepada khalayak.

Makanya memahami 5 elemen dasar desain grafis itu wajib, karena percuma saja berkreasi dan memiliki ketrampilan yang berkualifikasi tetapi tidak memahami pertanyaan dasar ini. Apa saja elemen dasar dari desain grafis ini? Yuk cek pembahasan berikut!

  • Warna

Salah satu elemen penting dalam memberikan identitas pada karya Anda adalah warna. Beberapa warna memiliki sifat psikologisnya masing-masing, sehingga terkadang banyak orang yang suka sekilas memberi nilai pada sebuah desain berdasarkan warnanya. Misalnya, pink identik dengan girly, romantic, love, feminine dan sebagainya. Jika seseorang melihat karya itu penuh atau kebanyakan berwarna pink, orang akan memiliki stereotip bahwa karya tersebut mengandung sesuatu yang feminin atau tentang cinta. Padahal tidak selamanya pink selalu menghadapi hal seperti itu.

Namun selain itu, warna dalam desain grafis berarti memberikan banyak perubahan dalam sebuah desain. Selain membuat desain lebih hidup dan menawan. Namun bisa juga berdiri sendiri sebagai background atau dipadukan untuk mengisi ruang yang membutuhkan sentuhan warna. Sama seperti sebelumnya, warna bisa menarik perhatian penonton dan bisa digunakan untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh desainer.

  • Bentuk

Bentuk atau bentuk adalah penggabungan garis yang disatukan untuk menciptakan pola untuk disampaikan kepada desainer. Bentuk ini bisa sederhana sampai kompleks tergantung pada keinginan dan kebutuhan klien atau desainer. Meski dibuat dalam bentuk yang sederhana, namun jika memiliki karakter yang kuat, bentuk ini dapat memberikan sentuhan untuk menyampaikan pesan, memperkuat karakter atau memberi penekanan, dan menciptakan suasana yang ingin Anda aktifkan.

  • Ruang
Baca:  Harus Tahu Nih! Daftar Film Animasi Indonesia yang Sukses Skala Internasional

Ruang adalah porsi atau jarak antara benda dan elemen desain lainnya. Singkatnya, area kosong, atau tidak ada gambar atau bentuk untuk mengisinya. Spasi biasanya digunakan untuk memisahkan atau mengklasifikasikan informasi. Bahkan dapat memberikan keseimbangan atau harmoni pada sebuah karya.

  • Nilai

Nilai atau nilai merupakan elemen utama dalam pembuatan desain grafis. Karena nilai mengacu pada seberapa gelap atau terang area tertentu dalam sebuah desain. Nilai juga dapat digunakan untuk memberikan titik fokus atau penekanan dalam desain gambar. Seperti penekanan pada warna, atau menciptakan ruang atau bentuk tertentu untuk sebuah desain.

  • Tekstur

Tekstur di sini mengacu pada permukaan desain yang biasanya dapat dilihat atau disentuh oleh panca indera. Hal inilah yang menjadikan elemen ini satu-satunya hal yang berbeda dari elemen lainnya dalam desain grafis. Meskipun tekstur cenderung menjadi elemen pendukung daripada elemen utama, penggunaan elemen tekstur dalam desain bekerja paling baik dalam menambahkan kekuatan dan kualitas visual.

Pos di Desain? Berikut 5 Elemen Dasar Desain Grafis yang Wajib Diketahui Muncul Pertama Kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.