Tipografi: Kenalan Yuk Sama Frutiger! Jenis Huruf yang Sudah Digunakan Beragam Desain Terkenal

Tipografi: Kenalan Yuk Sama Frutiger! Jenis Huruf yang Sudah Digunakan Beragam Desain Terkenal

Akrab dengan "Frutiger"? Frutiger adalah jenis huruf sans-serif humanis yang didesain agar mudah dibaca oleh pembaca bahkan dari kejauhan, dalam kondisi cahaya redup atau bahkan saat pembaca sedang berjalan!

Lalu apa itu sans-serif humanis? Ini adalah prasasti yang didasarkan pada bentuk tulisan tangan juru tulis di Italia abad pertengahan. Frutiger memiliki bentuk bulat yang lembut dengan bentuk kaligrafi yang kuat namun tetap terlihat natural.

Awalnya pada tahun 1968, seorang desainer dari Swiss bernama Adrian Frutiger bertanggung jawab untuk menciptakan jenis huruf untuk desain ulang Bandara Charles De Gaulle di Paris. Jenis huruf draf asli sebelumnya disebut Roissy, tetapi pada tahun 1976 diubah namanya menjadi Frutiger dan diperkenalkan ke publik. Frutiger banyak digunakan oleh Angkatan Laut dan Angkatan Darat di Inggris, rambu lalu lintas bandara di Paris, rambu lalu lintas di Swiss, DHL, angkutan umum di Oslo dan untuk CBC.

Desain Frutiger ini adalah salah satu desain paling populer di dunia. Desainer pengetik Steve Matteson menggambarkan struktur Frutiger sebagai opsi terbaik untuk keterbacaan di hampir semua situasi bahkan saat menggunakan ukuran teks kecil. Sementara itu, Erik Spiekermann menamakannya jenis huruf umum terbaik yang pernah ada. Pada tahun 2008 Frutiger adalah jenis huruf terlaris kelima dari pengecoran Linotype.

Frutiger Linotype

Ini adalah versi asli dari Keluarga font Frutiger berlisensi di Microsoft. Font family ini terdiri dari Frutiger 55, 56, 65, dan 66. Berbeda dengan varian Frutiger lainnya, Frutiger Linotype memiliki kesan tokoh gaya lama, dilihat dari gaya penulisan nomor tersebut default. Font ini dapat ditemukan pada produk Microsoft yang menampilkan Microsoft Reader dan dalam paket Microsoft Reader mandiri.

ASTRA-Frutiger

Baca:  Buat Menemani WFH, Berikut Acara Seru yang akan Tayang di Netflix pada November 2020

Ini adalah variasi Frutiger yang digunakan oleh ASTRA (Amt für Strassen, Kantor Jalan Federal Swiss) sebagai salah satu font untuk rambu lalu lintas yang menggantikan VSS pada tahun 2003. Ini didasarkan pada Frutiger 57 Condensed, tetapi dengan ascenders dan keturunan diperlebar, dimaksudkan untuk memberikan tampilan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Akhirnya terbentuk dua font yang diberi nama ASTRA-Frutiger-Standard / standar dan ASTRA-Frutiger-Autobahn / autoroute.

Frutiger Next

Setelah itu keluarga Frutiger memperbaharui lagi pada tahun 1997 dengan papan nama pada Alte Pinakothek di Munich. Dalam versi baru ini, Frutiger Next mengubah beberapa detail dan menambahkan gaya miring. Font itu tersedia secara komersial pada tahun 2000 di bawah Linotype. Keluarga ini terdiri dari 6 font bobot, ditambah satu bonus dengan versi Ultra Ringan dalam versi OpenType. Font ini dapat digunakan dalam karakter ISO Adobe 2, Adobe CE, dan Latin Ectented. Dalam versi OpenType menyertakan huruf kecil, gaya lama, superscript, ordinal, lapisan gambar itu proporsional, dan formulir kasus.

Nama font juga tidak lagi dengan penomoran seperti sistem Frutiger. Frutiger Black berganti nama menjadi Frutiger Next Heavy, dan Frutiger Ultra Black berganti menjadi Frutiger Next Black.

Postingan Tipografi: Ayo Bertemu Frutiger! Jenis Font yang Pernah Digunakan dalam Berbagai Desain Terkenal Muncul Pertama Kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.