Tips Wajib buat Kamu yang Memulai Karier Sebagai Digital Product Designer

Tips Wajib buat Kamu yang Memulai Karier Sebagai Digital Product Designer

Ingin menjadi Desainer Produk Digital? Pekerjaan yang belakangan ini semakin populer karena era digital ini memang banyak peminatnya. Jika desainer produk digital kok jadi cita-citamu, jadi ada baiknya cari tahu dulu tentang 5tips bagaimana memulai karir sebagai DPD yang baik dan benar.

  • Fokus pada produk bukan desain

Setiap bisnis ingin memberikan produk terbaik dengan menggunakan sumber daya yang minim namun berkualitas. Terlebih lagi, produk sukses biasanya sederhana, polos, dan cenderung membosankan dalam bentuk desain grafis. Tapi tidak apa-apa karena desain produk sebenarnya tentang analisis bisnis, penelitian, psikologi, pemasaran, hingga pengembangan perangkat lunak bukan hanya menggambar desain yang cantik. Karena lebih fokus pada produk.

  • Tapi tetap jangan lupakan desainnya

Meski di awal dikatakan tidak terlalu fokus pada desain tapi pada produk, bukan berarti kita bisa meremehkan desain itu sendiri. Sebisa mungkin lakukan yang terbaik pada desain UX dan UI karena Antarmuka adalah titik pertemuan antara bisnis Anda dan konsumen. Ini juga bisa menjadi cara terbaik bagi konsumen untuk menyampaikan keluhannya. Pastikan untuk konsisten dengan tata letak, gunakan desain adaptif, fokus pada kejernihan visual, dan mudah dinavigasi. Desain yang baik adalah desain yang minim namun tetap mampu menarik perhatian dan memudahkan konsumen Anda.

  • Copywriting master untuk menyempurnakan desain Anda

Pelajari tentang copywriting terutama tentang SEO copywriting karena di zaman sekarang ketika Anda membuka Google Search dan Anda menulis kata kunci, semua hasil pencarian terkait dengan kata kunci yang Anda butuhkan. Dalam desain produk, menulis adalah kunci komunikasi yang lebih baik. Karena kata-kata adalah cara terbaik untuk menyampaikan ide, memberikan penjelasan, instruksi dan ajakan bertindak. Jadi tingkatkan keterampilan copywriting Anda dan gunakan untuk membangun produk yang lebih maksimal dan lebih baik.

  • Pahami Kisah Pengguna (Konsumen)
Baca:  Wajib Tau! Berikut 10 Film Karya Anak Bangsa yang Go Internasional

Alangkah baiknya bila kita mengetahui bahwa seseorang memulai atau mengakhiri hari mereka dengan menggunakan produk, website, atau aplikasi yang Anda buat. Untuk itu, akan lebih baik jika memahami cerita pengguna sesuai konteksnya sebelum, selama, dan setelah menggunakan produk yang Anda buat. Pertimbangkan bagaimana perasaan mereka, apa yang mereka suka dan apa yang mereka inginkan sebelum mengacu pada desain yang mereka inginkan. Dengan memahami cerita pengguna, Anda dapat membuat desain yang mampu membuat seseorang memiliki ingatan saat menggunakan, mendengarkan, melihat dan menyentuh produk yang Anda buat. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara diskusi lewat telepon atau tatap muka.

  • Buat Tujuan Khusus

Meski sering terabaikan, ini adalah salah satu aspek dasar desain yang terpenting bagi kedua belah pihak untuk memahami tujuan produk yang akan Anda rancang. Jangan terlalu fokus dan langsung ke piksel dan sesuaikan UI dengan cepat. Apa pun yang Anda buat, pastikan untuk menetapkan tujuan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Karena semuanya dapat dicari, bicarakan tentang poin spesifik yang ingin Anda cari.

Buat kamu yang sudah membulatkan tekad untuk berkarir sebagai DPD, mulai sekarang bisa belajar desain di IDS Education!

Postingan Tips Wajib buat kamu yang sedang mengawali karir sebagai desainer produk digital muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.