Trend Desain Grafis 2021 yang Bakal Jadi Revolusi Desain di Masa Datang

Memasuki bulan kedua tahun baru ini, banyak elemen desain grafis yang bertahan dari tahun lalu. Tapi bukan berarti tidak ada perubahan kan?

Seperti kita ketahui, tren ibarat air mengalir. Akan terus berubah tergantung dari kondisi sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia itu sendiri. Berbicara tentang tren desain grafis, dikutip dari graphicmama.com akan ada perubahan tren desain grafis tahun ini. Seperti apa perubahannya? Yuk, simak 5 tren desain grafis di tahun 2021!

  • Desain 3D

Meski bukan tren baru, namun bentuk desain 3D tahun ini mengalami peningkatan dan penyempurnaan. Apalagi dengan teknologi dan software yang semakin modern dan canggih setiap tahunnya, bangkitnya trend desain 3D bukanlah hal yang mustahil. Banyak yang memperkirakan tren desain 3D akan menjadi tren puncak tahun ini, mengingat banyak film animasi yang menggunakan model 3D dalam pembuatannya.

  • Desain Emoji

Sejak dulu emoji banyak digunakan, terutama dalam mengirim pesan atau chatting. Bisa dikatakan banyak yang menggunakan emoji karena emoji dapat memberikan reaksi dan tanggapan tanpa harus diwakili dalam kata-kata, bahkan dapat menggambarkan atau mengkomunikasikan perasaan seseorang melalui emoji itu sendiri. Tren penggunaan emoji untuk desain grafis kemungkinan akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan. 2021 akan menjadi tahun ketika bentuk emoji yang lebih kreatif dan imajinatif akan diproduksi.

  • Desain Terinspirasi Alam

Gaya desain yang meniru keindahan alam, organik dan lembut menjadi trend yang semakin kuat dalam 10 tahun terakhir. Ide meniru keindahan alam adalah gradasi warna natural, light, soft, simple, hingga soft. Ini sangat cocok dengan konsep tren lainnya seperti tren minimalis, palet warna yang diredam, ilustrasi, tekstur yang menampilkan kayu dan lain-lain. Terlebih lagi, desain model ini cocok dipadukan dengan berbagai desain, teknik, dan diterapkan di semua bidang komersial.

  • Ilustrasi Kartun dalam Desain
Baca:  Proses Syuting Selesai, Losmen Bu Broto Bakal Tayang Dalam Waktu Dekat!

Prediksi tren tentang ilustrasi yang akan populer tahun ini adalah tentang karakter kartun kustom. Konsep ini sangat cocok untuk menciptakan branding. Karena memiliki ilustrasi kartun yang bervariasi, dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis produk. Ini juga cocok untuk meningkatkan suasana yang ingin Anda bangun dalam branding produk, Anda dapat membuat karakter Anda sendiri ke dalam situs web Anda, produk, kartu nama, poster, logo, dan sebagainya. Model desain ini bisa digunakan dimana saja.

  • Desain Tidak Berwarna

Saat ini sudah banyak sekali desain dengan sentuhan warna yang berani, lembut dan nyaman untuk dipandang. Karena itu, tahun ini bisa diprediksi desain tidak berwarna akan menjadi tren baru. Dimana warna hitam, putih, abu-abu akan menjadi warna dominan.

Tak hanya itu, warna yang halus atau teknik highlight yang minim pada posisi yang tepat akan membuat desain terlihat lebih keren. Biasanya desain klasik dengan warna tanpa warna sangat sering digunakan sebagai tema latar smartphone karena bisa memberikan kesan elegan tapi tidak kehilangan sisi elegannya. Apalagi tahun lalu ada trend tema hitam di banyak aplikasi smartphone, kemungkinan besar tahun ini trend ini akan terus berlanjut juga.

Ingin tahu lebih banyak tentang tren desain lainnya? Yuk, ikut kelas desain di

Sekolah Desain Internasional!

Postingan Tren Desain Grafis 2021 yang Akan Menjadi Revolusi Desain di Masa Depan muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.