Tutorial Membuat Animasi untuk Slides Power Point

Tutorial Membuat Animasi untuk Slides Power Point

Saat melakukan presentasi di depan audiens, power point merupakan elemen yang sangat penting. PowerPoint memungkinkan Anda untuk membuat teks dan objek pada slide bergerak dengan bantuan animasi. Animasi yang kreatif dan menarik secara visual akan mempengaruhi minat penonton lebih dari media lainnya. Anda tidak perlu menjadi ahli untuk membuat PowerPoint. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur dan opsi yang disediakan di PowerPoint. Berikut adalah tutorial membuat animasi pada slide PowerPoint agar terlihat eye-catching.

Memasukkan Animasi dan Efek ke dalam Slide

Animasi di PowerPoint membantu membuat tampilan slide lebih menarik. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan infografik yang menarik dan memilih warna-warna cerah. Agar presentasi Anda semakin sempurna, Anda bisa langsung mencicipi cara-cara berikut:

  • Klik Bentuk dan grup dengan menekan Ctrl + G pada keyboard
  • Kemudian setelah memilih Shapes, lalu klik Animations> Fly In (pilih animasi yang ingin digunakan)
  • Lanjutkan ke Panel Animasi> Klik kanan> Mulai
  • Tutup panel animasi dan klik Peragaan Slide untuk meninjau

Langkah ini berguna bagi Anda yang ingin menampilkan animasi dengan menekan mouse. Jika Anda ingin memutar animasi secara otomatis pada slide, buka Animation Pane> Klik Kanan> Mulai Setelah Sebelumnya. Anda juga dapat membuat animasi bergerak dari arah yang berbeda, dengan membuka Tab Animasi> Opsi Efek dan memilih efek yang ingin Anda gunakan. Tidak hanya menambahkan animasi dan efek yang sudah tersedia di PowerPoint, Anda juga dapat menggunakan template agar tampilan slide terlihat interaktif.

Jenis animasi yang sering digunakan

Jenis animasinya sendiri juga bermacam-macam. Agar tampilan slide Anda tidak terlalu berat saat dibuka, Anda bisa menggunakan animasi atau efek yang sama. Beberapa yang paling sering digunakan antara lain Appear (efek yang membuat objek menghilang), Fade (animasi yang paling sering digunakan dan membuat objek menghilang atau muncul perlahan), dan Zoom (efek untuk menekankan objek).

Memasukkan Transisi pada Slide

Baca:  Mengenal Film Grain, Apa Sebab dan Efeknya?

Jika Anda telah menambahkan berbagai animasi atau efek ke satu slide, Anda dapat menambahkan transisi slide. Animasi ini bertujuan untuk menciptakan efek saat berpindah dari satu slide ke slide lainnya. Menambahkannya relatif mudah.

Langkah pertama, pertama pilih slide yang ingin Anda tambahkan Transisi. Buka pita PowerPoint dan klik salah satu gambar mini animasi. Tekan pratinjau untuk melihat efek pada slide. Perhatikan bahwa slide animasi menunjukkan ikon kecil di sidebar. Ikon ini berfungsi untuk memudahkan Anda mengidentifikasi slide yang memiliki efek yang ditambahkan. Ada tiga opsi utama lainnya yang dapat Anda atur di pita untuk setiap transisi slide:

  • Suara – Pilih opsi drop down untuk memutar suara saat slide bergerak maju.
  • Durasi – durasi (kecepatan) yang dimainkan animasi. Anda dapat menyetel durasi yang lebih lama dalam hitungan detik untuk membuat animasi bermain lebih lambat, atau mempersingkatnya untuk transisi yang lebih cepat.
  • Advance Slide – Slide akan berubah selama periode waktu tertentu dengan mencentang opsi "Setelah".

Jangan menambahkan terlalu banyak efek atau animasi ke slide PowerPoint Anda. Selain ukuran filenya yang lebih berat dan sulit dibuka, penonton yang menonton atau menonton pun menjadi tidak nyaman jika ditonton terlalu lama. Gunakan dengan hemat, terapkan efek larut, atau luntur yang sederhana.

Postingan Tutorial Membuat Animasi untuk Slide Power Point muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.