Yuk, Lindungi Hasil Karyamu dari Pembajakan dengan HAKI!

Yuk, Lindungi Hasil Karyamu dari Pembajakan dengan HAKI!

Pembajakan di Indonesia semakin tinggi. Jumlah kerugian yang diraih pun tidak sedikit, hingga menyentuh angka triliunan. Kerugian bisa disebabkan oleh rendahnya hak kekayaan intelektual (HAKI) masyarakat. Praktik pembajakan merugikan banyak pihak, termasuk negara, pencipta karya, bahkan berdampak pada masyarakat sendiri. Pemerintah juga belum maksimal mengambil langkah maksimal untuk melindungi karya anak bangsa dari pembajakan.

Pentingnya Perlindungan IP

Perlindungan IP sering menjadi wacana. Ben Subiakto selaku CEO Samara Media & Entertainment juga mengatakan perlindungan IP masih menjadi pembahasan, padahal pemerintah melalui Bekraf (Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) memberikan banyak dukungan untuk kebutuhan pemasaran. Ben juga menyampaikan "Industri seperti musik, industri film, industri apa yang disebut komik, misalnya seperti yang masih belum terlalu matang, pemerintah perlu memberikan insentif tambahan agar lebih banyak produsen berani membuat film".

Industri kreatif sendiri terdiri dari 16 subsektor, antara lain yang bergerak di bidang fashion, F&B, atau teknologi dan aplikasi digital. Beberapa subsektor ini sudah memiliki kematangan. Sedangkan industri seperti komik, film, dan lain-lain masih belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Maka tidak heran, praktek pembajakan sering terjadi hingga menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Ben juga mengatakan di Indonesia sendiri masih mudahunduh atau menonton film dan lainnya secara online aliran melalui internet. "Nah, kalau pemerintah bisa memberikan apa namanya, dukung di sisi teks dalam hal kemudahanmendirikan bahkan investasi asing dan juga masalah perlindungan kekayaan intelektual sangat penting karena mereka ingin membuat lebih banyak IP produk lokal bagaimana jika pemerintah belum memberikan perlindungan. " dia melanjutkan.

Pemerintah diharapkan serius memberikan dukungan

Pemerintah dikabarkan akan membangun lembaga sendiri seperti kementerian untuk membentuk ekonomi kreatif. Wacana ini tentunya didukung oleh banyak pihak, khususnya yang berkecimpung di industri kreatif. Menurut Ben, Indonesia memiliki potensi besar karena Indonesia memiliki banyak budaya dan sisi sejarah yang unik untuk bersaing kompetisi industri kreatif global.

Ia juga mengatakan, “Kalau memang pemerintah lebih serius dalam memberikan dukungan melalui kementerian khusus yang diberikan kepada industri kreatif secara legal, itu sangat penting karena Bekraf telah membuat tonggak sejarah baru saja menciptakan industri kreatif. “Indonesia memiliki potensi yang besar dan bisa menghadirkan kelebihan yang dimilikinya baik dari segi budaya maupun sejarahnya yang mendunia pasar.

Praktik pembajakan yang sudah marak masih belum tertangani dengan baik. Agar tidak menimbulkan kerugian yang besar, sangat penting bagi pemerintah untuk mengambil langkah cepat dengan proteksi IP yang baik. Buat kamu yang tertarik dengan perkembangan dunia digital dan ingin tahu lebih banyak bisa langsung saja mengambil program di IDS Education!

Posnya Ayo Lindungi Karya Anda dari Pembajakan dengan HAKI! muncul pertama kali di IDS | Sekolah Desain Internasional.

Baca:  9 Tips Jitu Membangun Startup dari Drama Korea “Start Up”!